Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila

Authors

  • Abdul Adim Universitas Al-Falah As-Sunniyyah, Indonesia
  • Jamilatun Nafi'ah Universitas Al-Falah As-Sunniyyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7800

Keywords:

kompetensi profesional, hasil belajar, pendidikan pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru, terutama dalam mata pelajaran yang menanamkan nilai kebangsaan seperti Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Irsyadun Nasyi’in. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen melalui desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Guru dengan penguasaan materi yang baik, kemampuan merancang strategi pembelajaran, serta keterampilan dalam mengelola kelas dan memanfaatkan media pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kondisi ini berdampak langsung pada peningkatan pemahaman, keterlibatan, dan capaian akademik siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi profesional guru untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sekaligus memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila sejak dini. Dengan demikian, pengembangan kompetensi profesional guru menjadi faktor kunci dalam mencetak generasi yang tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

References

Alam, M. B., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 48–59. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3378

Amalia, R. (2023). Pengaruh kompoetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Negeri 1 Sudagaran Kecamatan. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.55732/jmi.v1i01.710

Andriyani, A., Purwandari, S., & Hisnan Hajron, K. (2021). Pengaruh model problem based learning berbantuan media Ludo tematik terhadap kemampuan berpikir kritis IPA. Borobudur Educational Review, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.31603/bedr.4790

Cahyana, A. (2023). Pengembangan kompetensi profesional guru dalam menghadapi sertifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 85–91. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.434

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fajriyah, L., & Azizah, W. N. (2024). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VB MI Ya Bakii Kalisabuk 02. El-Robih: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidayah, 1(1), 16–35.

Fatimah, N., Hendrowati, T. Y., & Badrun, M. (2024). Pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap kinerja guru SMK Se-Kabupaten Tanggamus. JPGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 407–424.

Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Jurnal Sintax Idea, 2(3), 12–17. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i3.153

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan komik digital untuk meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220–232. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Fitri, M. (2021). Konsep konpetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234–241.

Jamalludin. (2024). Pengaruh kompetenesi profesional guru terhadap motivasi belajar IPS siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 430–435. https://doi.org/10.61787/sz4ncn42

Kompetensi, P., & Guru, P. (2020). Quasi Experimental Design. 4(2), 106–113. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Larasati, V., & Gafur, A. (2024). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis kompetensi profesional guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Munawwir, Ulya, N. Z., & A'zara, N. (2025). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar (Sejarah Kebudayaan Islam) siswa di Sekolah Dasar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(4), 5057–5064. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.8694

Nuraidah. (2021). Kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., & Nasution, I. (2022). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Purnomo, S. (2020). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan Hak Asasi Manusia di kelas VII pada Sekolah Menengah Pertama. Vox Edukasi, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.446

Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Pancasila kelas V SD Muhammadiyah Bodon. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398–406.

Ratnasari, K. I., Melinda, V. A., & Nafiah, J. (2023). Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 53–64.

Sari, M. A., Pratiwi, A. R., Septiantika, D. F., & Muarifah, A. (2023). Pengaruh psikoedukasi mengenai peran guru dalam mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6929–6932. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2687

Sayidatul, M., Anwar, M., & Anggara, R. (2023). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar. Jurnal Lentera Pedagogi, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.54895/lentera.v7i1.2055

Yunanti, A. P. (2021). Pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru terhadap hasil belajar Matematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 104–112.

Yunita, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Policy analysis of teacher and lecturer professionalism. Jurnal Program Studi Pgmi, 9(1), 73–81.

Zhang, W., Xu, M., Feng, Y., Mao, Z., & Yan, Z. (2024). The effect of procrastination on physical exercise among college students-The chain effect of exercise commitment and action control. International Journal of Mental Health Promotion, 26(8), 611–622. https://doi.org/10.32604/ijmhp.2024.052730

Downloads

Published

2025-08-24

How to Cite

Adim, A., & Nafi’ah, J. (2025). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 694–707. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7800

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.