Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7800Keywords:
kompetensi profesional, hasil belajar, pendidikan pancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru, terutama dalam mata pelajaran yang menanamkan nilai kebangsaan seperti Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Irsyadun Nasyi’in. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen melalui desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Guru dengan penguasaan materi yang baik, kemampuan merancang strategi pembelajaran, serta keterampilan dalam mengelola kelas dan memanfaatkan media pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kondisi ini berdampak langsung pada peningkatan pemahaman, keterlibatan, dan capaian akademik siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi profesional guru untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sekaligus memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila sejak dini. Dengan demikian, pengembangan kompetensi profesional guru menjadi faktor kunci dalam mencetak generasi yang tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kebangsaan yang kuat.
References
Alam, M. B., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 48–59. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3378
Amalia, R. (2023). Pengaruh kompoetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Negeri 1 Sudagaran Kecamatan. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.55732/jmi.v1i01.710
Andriyani, A., Purwandari, S., & Hisnan Hajron, K. (2021). Pengaruh model problem based learning berbantuan media Ludo tematik terhadap kemampuan berpikir kritis IPA. Borobudur Educational Review, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.31603/bedr.4790
Cahyana, A. (2023). Pengembangan kompetensi profesional guru dalam menghadapi sertifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 85–91. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.434
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fajriyah, L., & Azizah, W. N. (2024). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VB MI Ya Bakii Kalisabuk 02. El-Robih: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidayah, 1(1), 16–35.
Fatimah, N., Hendrowati, T. Y., & Badrun, M. (2024). Pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap kinerja guru SMK Se-Kabupaten Tanggamus. JPGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 407–424.
Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Jurnal Sintax Idea, 2(3), 12–17. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i3.153
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan komik digital untuk meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220–232. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Fitri, M. (2021). Konsep konpetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234–241.
Jamalludin. (2024). Pengaruh kompetenesi profesional guru terhadap motivasi belajar IPS siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 430–435. https://doi.org/10.61787/sz4ncn42
Kompetensi, P., & Guru, P. (2020). Quasi Experimental Design. 4(2), 106–113. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121
Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425
Larasati, V., & Gafur, A. (2024). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282
Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis kompetensi profesional guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Munawwir, Ulya, N. Z., & A'zara, N. (2025). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar (Sejarah Kebudayaan Islam) siswa di Sekolah Dasar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(4), 5057–5064. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.8694
Nuraidah. (2021). Kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., & Nasution, I. (2022). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489
Purnomo, S. (2020). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan Hak Asasi Manusia di kelas VII pada Sekolah Menengah Pertama. Vox Edukasi, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.446
Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Pancasila kelas V SD Muhammadiyah Bodon. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398–406.
Ratnasari, K. I., Melinda, V. A., & Nafiah, J. (2023). Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 53–64.
Sari, M. A., Pratiwi, A. R., Septiantika, D. F., & Muarifah, A. (2023). Pengaruh psikoedukasi mengenai peran guru dalam mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6929–6932. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2687
Sayidatul, M., Anwar, M., & Anggara, R. (2023). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar. Jurnal Lentera Pedagogi, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.54895/lentera.v7i1.2055
Yunanti, A. P. (2021). Pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru terhadap hasil belajar Matematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 104–112.
Yunita, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Policy analysis of teacher and lecturer professionalism. Jurnal Program Studi Pgmi, 9(1), 73–81.
Zhang, W., Xu, M., Feng, Y., Mao, Z., & Yan, Z. (2024). The effect of procrastination on physical exercise among college students-The chain effect of exercise commitment and action control. International Journal of Mental Health Promotion, 26(8), 611–622. https://doi.org/10.32604/ijmhp.2024.052730
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Abdul Adim, Jamilatun Nafi'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)