Pengaruh Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Neng Ela Universitas Terbuka, Indonesia
  • Happy Karlina Marjo Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sendi Ramdhani Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8340

Keywords:

literasi digital, kemampuan berpikir kritis, sekolah dasar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD di Gugus 7 Kecamatan Cakung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 SD di Gugus 7 Kecamatan Cakung, dengan sampel sebanyak 156 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa angket literasi digital, angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda, dengan uji-t untuk pengaruh parsial dan uji F untuk pengaruh simultan. Hasil uji-t menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t-hitung = 21,995 > t-tabel =1,65481 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Demikian pula minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t-hitung = 19,773 > t-tabel = 1,65481 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil ini membuktikan bahwa semakin tinggi literasi digital dan minat belajar siswa, semakin baik pula kemampuan berpikir kritis yang dimiliki. Secara simultan, hasil uji F menunjukkan bahwa literasi digital dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai F hitung = 360,490 > F tabel = 3,06 dan signifikansi <0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi digital berfungsi sebagai keterampilan dasar yang membantu siswa dalam mengakses, mengevaluasi, dan mengolah informasi, sementara minat belajar menjadi pendorong motivasional untuk memanfaatkan keterampilan tersebut secara optimal.

References

Håkansson Lindqvist, M., & Pettersson, F. (2019). Digitalization and school leadership: on the complexity of leading for digitalization in school. International Journal of Information and Learning Technology, 36(3), 218–230. https://doi.org/10.1108/IJILT-11-2018-0126

Hasibuan, L., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi. JURNAL MathEdu …, 5(1), 48–52.

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102_4

Jannah, U., Rosi, M., & Hafsi, A. R. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Terhadap Kecerdasan Emosional. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 12(1), 98–112. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.513

Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional competence of teachers: Effects on instructional quality and student development. Journal of Educational Psychology, 105(3), 805–820. https://doi.org/10.1037/a0032583

Lankshear, C., & Knobel, M. (2008). Digital Literacies: Concepts, Policies, and Practices (New Literacies and Digital Epistemologies). 321.

Leaning, M. (2019). An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy. Media and Communication, 7(2 Critical Perspectives), 4–13. https://doi.org/10.17645/mac.v7i2.1931

Livingstone, S., Van Couvering, E., & Thumim, N. (2005). Adult media literacy: A review of the research literature on behalf of Ofcom. 44(0). http://stakeholders.ofcom.org.uk/binaries/research/media-literacy/aml.pdf

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Merrill Prentice Hall.

Rosalina, Iman, P. D., Anggraini, V. R., & Digital, L. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 1–10.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson.

Sihotang, & Kasdin. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius.

Soraya, I. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1).

Downloads

Published

2025-12-24

How to Cite

Ela, N., Marjo, H. K., & Ramdhani, S. (2025). Pengaruh Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1214–1224. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8340

Citation Check

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.