Pengaruh Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8340Keywords:
literasi digital, kemampuan berpikir kritis, sekolah dasar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD di Gugus 7 Kecamatan Cakung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 SD di Gugus 7 Kecamatan Cakung, dengan sampel sebanyak 156 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa angket literasi digital, angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda, dengan uji-t untuk pengaruh parsial dan uji F untuk pengaruh simultan. Hasil uji-t menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t-hitung = 21,995 > t-tabel =1,65481 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Demikian pula minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t-hitung = 19,773 > t-tabel = 1,65481 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil ini membuktikan bahwa semakin tinggi literasi digital dan minat belajar siswa, semakin baik pula kemampuan berpikir kritis yang dimiliki. Secara simultan, hasil uji F menunjukkan bahwa literasi digital dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai F hitung = 360,490 > F tabel = 3,06 dan signifikansi <0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi digital berfungsi sebagai keterampilan dasar yang membantu siswa dalam mengakses, mengevaluasi, dan mengolah informasi, sementara minat belajar menjadi pendorong motivasional untuk memanfaatkan keterampilan tersebut secara optimal.
References
Håkansson Lindqvist, M., & Pettersson, F. (2019). Digitalization and school leadership: on the complexity of leading for digitalization in school. International Journal of Information and Learning Technology, 36(3), 218–230. https://doi.org/10.1108/IJILT-11-2018-0126
Hasibuan, L., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi. JURNAL MathEdu …, 5(1), 48–52.
Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102_4
Jannah, U., Rosi, M., & Hafsi, A. R. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Terhadap Kecerdasan Emosional. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 12(1), 98–112. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.513
Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional competence of teachers: Effects on instructional quality and student development. Journal of Educational Psychology, 105(3), 805–820. https://doi.org/10.1037/a0032583
Lankshear, C., & Knobel, M. (2008). Digital Literacies: Concepts, Policies, and Practices (New Literacies and Digital Epistemologies). 321.
Leaning, M. (2019). An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy. Media and Communication, 7(2 Critical Perspectives), 4–13. https://doi.org/10.17645/mac.v7i2.1931
Livingstone, S., Van Couvering, E., & Thumim, N. (2005). Adult media literacy: A review of the research literature on behalf of Ofcom. 44(0). http://stakeholders.ofcom.org.uk/binaries/research/media-literacy/aml.pdf
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Merrill Prentice Hall.
Rosalina, Iman, P. D., Anggraini, V. R., & Digital, L. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 1–10.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson.
Sihotang, & Kasdin. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius.
Soraya, I. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Neng Ela, Happy Karlina Marjo, Sendi Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the