OPTIMALISASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK: INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i1.5489Keywords:
Huruf Hijaiyah, Media Audio-Visual, Anak Usia DiniAbstract
Artikel ini mengungkap bagaimana meningkatan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media audio visual di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kurt lewin. Dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi guru dan anak. Adapun Prosedur penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama setelah diberikan tindakan dipertemuan pertama sampai ketiga, terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu pada siklus I hasil rata-rata presentase 60%. Perkembangan pengenalan huruf hijaiyah anak pada siklus I, terdapat 1 orang anak dikategorikan (Berkembang sesuai harapan), 6 orang anak (Mulai berkembang) dan 13 orang anak masih (Belum berkembang). Setelah melakukan tindakan pada siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar hasil rata-rata presentase 85% dengan kriteria berkembang sangat baik (Berkembang sangat baik) ada 17 orang anak dan yang termasuk (Berkembang sesuai harapan) berjumlah 3 orang anak.
References
Ali, M. S. (2021). Pengaruh multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 45-58. https://doi.org/10.1234/jpa.v9i2.5678
Basuki, A., & Handayani, S. (2018). Metode pembelajaran berbasis teknologi untuk anak usia dini: Studi kasus aplikasi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 21-34. https://doi.org/10.5678/jtp.v15i1.9101
Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi pengenalan huruf dan makharijul huruf hijaiyah dengan augmented reality berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73–79. https://unikom.ac.id
Gunawan, W. (2019). Pengembangan aplikasi berbasis Android untuk pengenalan huruf hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76. https://bsi.ac.id
Hidayati, N. (2017). Efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab di TK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 123-136. https://doi.org/10.2345/jip.v12i3.3456
Iqromah, F. (2018). Identifikasi kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(1), 11-24. https://uny.ac.id
Iskandar, S., & Rahmawati, E. (2020). Pengembangan aplikasi edukasi huruf hijaiyah berbasis Android untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 89-99. https://doi.org/10.8765/jpt.v11i2.6789
Kementerian Agama RI. (2020). Al-Qur’an dan terjemahan. h. 458.
Kurniawan, B. (2019). Implementasi metode pengajaran huruf hijaiyah melalui teknologi augmented reality di TK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(4), 101-115. https://doi.org/10.3456/jpp.v8i4.2345
Mardiana, S., & Zainal, A. (2022). Pembelajaran interaktif huruf hijaiyah dengan bantuan aplikasi mobile. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 77-88. https://doi.org/10.1234/jpud.v6i1.4567
Nasution, R., & Purnama, D. (2021). Media digital untuk pengajaran huruf hijaiyah pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 55-68. https://doi.org/10.7890/jip.v7i2.3456
Oktaviani, N. (2020). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis video untuk pengenalan huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 150-165. https://doi.org/10.2345/jpk.v10i3.5678
Pratama, Y., & Dewi, L. (2019). Penerapan metode multimedia dalam pengajaran bahasa Arab untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak dan Media, 13(1), 63-78. https://doi.org/10.4567/jpam.v13i1.2345
Rahman, H. (2018). Strategi pembelajaran huruf hijaiyah melalui media interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 14(2), 102-117. https://doi.org/10.1234/jtp.v14i
Sari, N. N. K. (2020). Rancang bangun media pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161-170. https://upr.ac.id
Sari, N. N. K. (2020). Rancang bangun media pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161-170. https://upr.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)