OPTIMALISASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK: INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Putri Utami

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i1.5489

Keywords:

Huruf Hijaiyah, Media Audio-Visual, Anak Usia Dini

Abstract

Artikel ini mengungkap bagaimana meningkatan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media audio visual di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kurt lewin.  Dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi guru dan anak. Adapun Prosedur penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama setelah diberikan tindakan dipertemuan pertama sampai ketiga, terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu pada siklus I hasil rata-rata presentase 60%. Perkembangan pengenalan huruf hijaiyah anak pada siklus I, terdapat 1 orang anak dikategorikan (Berkembang sesuai harapan), 6 orang anak (Mulai berkembang) dan 13 orang anak masih (Belum berkembang). Setelah melakukan tindakan pada siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar hasil rata-rata presentase 85% dengan kriteria berkembang sangat baik (Berkembang sangat baik) ada 17 orang anak dan yang termasuk (Berkembang sesuai harapan) berjumlah 3 orang anak.

References

Ali, M. S. (2021). Pengaruh multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 45-58. https://doi.org/10.1234/jpa.v9i2.5678

Basuki, A., & Handayani, S. (2018). Metode pembelajaran berbasis teknologi untuk anak usia dini: Studi kasus aplikasi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 21-34. https://doi.org/10.5678/jtp.v15i1.9101

Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi pengenalan huruf dan makharijul huruf hijaiyah dengan augmented reality berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73–79. https://unikom.ac.id

Gunawan, W. (2019). Pengembangan aplikasi berbasis Android untuk pengenalan huruf hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76. https://bsi.ac.id

Hidayati, N. (2017). Efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab di TK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 123-136. https://doi.org/10.2345/jip.v12i3.3456

Iqromah, F. (2018). Identifikasi kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(1), 11-24. https://uny.ac.id

Iskandar, S., & Rahmawati, E. (2020). Pengembangan aplikasi edukasi huruf hijaiyah berbasis Android untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 89-99. https://doi.org/10.8765/jpt.v11i2.6789

Kementerian Agama RI. (2020). Al-Qur’an dan terjemahan. h. 458.

Kurniawan, B. (2019). Implementasi metode pengajaran huruf hijaiyah melalui teknologi augmented reality di TK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(4), 101-115. https://doi.org/10.3456/jpp.v8i4.2345

Mardiana, S., & Zainal, A. (2022). Pembelajaran interaktif huruf hijaiyah dengan bantuan aplikasi mobile. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 77-88. https://doi.org/10.1234/jpud.v6i1.4567

Nasution, R., & Purnama, D. (2021). Media digital untuk pengajaran huruf hijaiyah pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 55-68. https://doi.org/10.7890/jip.v7i2.3456

Oktaviani, N. (2020). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis video untuk pengenalan huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 150-165. https://doi.org/10.2345/jpk.v10i3.5678

Pratama, Y., & Dewi, L. (2019). Penerapan metode multimedia dalam pengajaran bahasa Arab untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak dan Media, 13(1), 63-78. https://doi.org/10.4567/jpam.v13i1.2345

Rahman, H. (2018). Strategi pembelajaran huruf hijaiyah melalui media interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 14(2), 102-117. https://doi.org/10.1234/jtp.v14i

Sari, N. N. K. (2020). Rancang bangun media pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161-170. https://upr.ac.id

Sari, N. N. K. (2020). Rancang bangun media pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161-170. https://upr.ac.id

Downloads

Published

2023-04-27