MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI: PENDEKATAN INOVATIF DENGAN MEDIA LOOSE PARTS

Authors

  • Murni TK Nur Alam Tarobok

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5492

Keywords:

Minat Belajar, Anak Usia Dini, Loose Parts

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat belajat anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts di TK nur Alam Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK) model Kurt Lewin.  Terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media loose parts untuk meningkatkan minat belajar anak yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi guru dan anak. Adapun Prosedur penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama setelah diberikan tindakan dipertemuan pertama sampai ketiga, terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu pada siklus I hasil rata-rata presentase 60%. Peningkatan minat belajar anak melalui media loose parts pada siklus I, terdapat 9 orang anak dikategorikan (Berkembang sesuai harapan), 7 orang anak (Mulai berkembang) dan 1 orang anak masih (Belum berkembang). Setelah melakukan tindakan pada siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar hasil rata-rata presentase 85% dengan kriteria berkembang sangat baik (Berkembang sangat baik) ada 14 orang anak dan yang termasuk (Berkembang sesuai harapan) berjumlah 3 orang anak.

References

Astuti, E., & Watini, S. (2022). Peran pendidikan anak usia dini dalam pengembangan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 45-57.

Brown, T., & Miller, K. (2021). The significance of early childhood education: Trends and perspectives. Early Childhood Education Journal, 49(3), 305-318.

Brown, T., & Smith, L. (2022). Effective teaching strategies in early childhood education. International Journal of Early Childhood Education, 10(1), 22-34.

Carter, A. (2021). Loose parts play: The benefits of open-ended materials in early childhood education. Play and Learning, 14(4), 89-102.

Davis, P. (2020). Child development and the golden age of early childhood. Child Development Review, 11(2), 73-85.

Fono, R., & Ita, M. (2021). Utilizing loose parts in early childhood classrooms. Journal of Early Childhood Research, 19(1), 15-28.

Greenfield, D. (2021). Motivating young learners: Strategies for enhancing interest in early education. Journal of Educational Psychology, 113(6), 945-958.

Hulukati, N., & Watini, S. (2023). Implementing effective early childhood education practices. Early Years Journal, 8(3), 101-112.

Isnaini, H., & Ariyanti, S. (2022). Strategies for effective early childhood learning. Journal of Teaching and Learning in Early Childhood, 5(2), 56-69.

Johnson, M. (2019). The role of play in early childhood education. Educational Play Journal, 7(1), 34-48.

Laelasari, M., Hidayati, N., & Taufik, R. (2022). Exploring the impact of loose parts play on early childhood development. Early Childhood Research Quarterly, 39, 217-230.

Mitchell, A. (2022). Creativity and imagination in early childhood education. Creative Education Journal, 14(2), 113-126.

Sadiman, A. (2019). Media pendidikan: Pengantar teori dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Smith, J. (2020). Understanding the golden age of early childhood. Journal of Child Psychology, 27(4), 142-156.

Thompson, L. (2019). Engaging children through effective teaching practices. Teaching Strategies Journal, 12(3), 92-104.

Turner, H. (2021). The role of loose parts in enhancing early childhood education. Journal of Innovative Teaching, 16(3), 59-71.

White, J. (2020). Active learning strategies for young children. Journal of Educational Innovations, 23(1), 25-37.

Williams, T., & Lee, M. (2021). Building interest and engagement in early childhood classrooms. Early Childhood Education Review, 15(2), 77-89.

Downloads

Published

2022-10-25