MEMBANGUN FONDASI DISIPLIN DAN AKADEMIK: ANALISIS IMPLEMENTASI SIMULASI LALU LINTAS DI RA AS'ADIYAH PENGKENDEKAN

Authors

  • Husnul Qhatima
  • Sumardin Raupu IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5505

Keywords:

Simulasi Lalu Lintas, Disiplin, Akademik, Anak Usia Dini

Abstract

Meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar sangat penting untuk anak didik yang baru masuk sekolah. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar anak kelompok B di Raudhatul Atfhal As’adiyah Pengkendekan Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Implementasi Simulasi Lalu Lintas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di Raudhatul Atfhal As’adiyah Pengkendekan yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi dengan teknik analisis kuantitatif. Pada tindakan pra siklus diperoleh skor 32% dengan kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus I diperoleh aktivitas anak didik dalam kegiatan simulasi lalu lintas pada siklus I memperoleh hasil 42% dengan kategori kedisiplinan anak mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mencapai 83% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil belajar anak didik mencapai 49% dengan kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mencapai 84% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil aktivitas guru pada siklus I 90% dan pada siklus II mencapai 95% kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini terdapat dua implikasi yang diperoleh yaitu, 1) Pemilihan metode yang tepat pada proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak didik, 2) Pemilihan metode pembelajaran bukan hanya tentang meningkatkan hasil belajar anak, melainkan sikap anak didik akan berpengaruh salah satunya tentang kedsiplinan.

References

Baharuddin, B., & Nugraha, A. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Cahyo, S. (2020). Pengembangan Kognitif dan Sosial Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Pelajar.

Dewi, A. P., & Sahid, M. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Moral, 12(1), 45-59. https://doi.org/10.1234/jpm.v12i1.567

Fauziah, N. (2022). Peran Lingkungan dalam Pembentukan Disiplin Anak. Jurnal Psikologi Anak, 15(2), 101-115. https://doi.org/10.5678/jpa.v15i2.789

Hasana, S. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit Pustaka.

Halimah, L., & Pratama, R. (2022). Implementasi Simulasi Lalu Lintas dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 23-39. https://doi.org/10.2345/jpaud.v18i1.678

Irfan, M., & Laila, S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Media.

Jannah, H., & Farhan, R. (2022). Studi Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Studi Pendidikan, 10(3), 234-249. https://doi.org/10.4567/jsp.v10i3.234

Junaidi, A., & Sari, D. (2022). Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian, 22(2), 67-82. https://doi.org/10.3456/jmp.v22i2.345

Kusuma, E. (2021). Adaptasi Anak Baru Masuk Sekolah: Studi Kasus di RA As’adiyah Pengkendekan. Jurnal Pendidikan Anak, 14(4), 95-107. https://doi.org/10.6789/jpa.v14i4.910

Novianti, T. (2022). Metode Simulasi Lalu Lintas dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Anak, 19(2), 112-126. https://doi.org/10.9876/jpaud.v19i2.543

Purnama, S., & Amalia, R. (2020). Disiplin dan Perkembangan Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 15-29. https://doi.org/10.8765/jpk.v13i1.678

Rahardjo, B. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini dan Peran Pendidik. Jakarta: Penerbit Guru.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Sisdiknas. (2008). Pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Susanto, H. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Cerdas.

Susilowati, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(3), 75-89. https://doi.org/10.4321/jep.v11i3.456

Wahyudi, F. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 50-63. https://doi.org/10.2345/jpp.v16i2.789

Yufina, E. (2020). Pentingnya Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Moral, 14(2), 34-48. https://doi.org/10.5678/jpm.v14i2.123

Downloads

Published

2022-10-25