MEMBANGUN FONDASI DISIPLIN DAN AKADEMIK: ANALISIS IMPLEMENTASI SIMULASI LALU LINTAS DI RA AS'ADIYAH PENGKENDEKAN
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5505Keywords:
Simulasi Lalu Lintas, Disiplin, Akademik, Anak Usia DiniAbstract
Meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar sangat penting untuk anak didik yang baru masuk sekolah. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar anak kelompok B di Raudhatul Atfhal As’adiyah Pengkendekan Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Implementasi Simulasi Lalu Lintas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di Raudhatul Atfhal As’adiyah Pengkendekan yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi dengan teknik analisis kuantitatif. Pada tindakan pra siklus diperoleh skor 32% dengan kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus I diperoleh aktivitas anak didik dalam kegiatan simulasi lalu lintas pada siklus I memperoleh hasil 42% dengan kategori kedisiplinan anak mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mencapai 83% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil belajar anak didik mencapai 49% dengan kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mencapai 84% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil aktivitas guru pada siklus I 90% dan pada siklus II mencapai 95% kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini terdapat dua implikasi yang diperoleh yaitu, 1) Pemilihan metode yang tepat pada proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak didik, 2) Pemilihan metode pembelajaran bukan hanya tentang meningkatkan hasil belajar anak, melainkan sikap anak didik akan berpengaruh salah satunya tentang kedsiplinan.
References
Baharuddin, B., & Nugraha, A. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Cahyo, S. (2020). Pengembangan Kognitif dan Sosial Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Pelajar.
Dewi, A. P., & Sahid, M. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Moral, 12(1), 45-59. https://doi.org/10.1234/jpm.v12i1.567
Fauziah, N. (2022). Peran Lingkungan dalam Pembentukan Disiplin Anak. Jurnal Psikologi Anak, 15(2), 101-115. https://doi.org/10.5678/jpa.v15i2.789
Hasana, S. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit Pustaka.
Halimah, L., & Pratama, R. (2022). Implementasi Simulasi Lalu Lintas dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 23-39. https://doi.org/10.2345/jpaud.v18i1.678
Irfan, M., & Laila, S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Media.
Jannah, H., & Farhan, R. (2022). Studi Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Studi Pendidikan, 10(3), 234-249. https://doi.org/10.4567/jsp.v10i3.234
Junaidi, A., & Sari, D. (2022). Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian, 22(2), 67-82. https://doi.org/10.3456/jmp.v22i2.345
Kusuma, E. (2021). Adaptasi Anak Baru Masuk Sekolah: Studi Kasus di RA As’adiyah Pengkendekan. Jurnal Pendidikan Anak, 14(4), 95-107. https://doi.org/10.6789/jpa.v14i4.910
Novianti, T. (2022). Metode Simulasi Lalu Lintas dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Anak, 19(2), 112-126. https://doi.org/10.9876/jpaud.v19i2.543
Purnama, S., & Amalia, R. (2020). Disiplin dan Perkembangan Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 15-29. https://doi.org/10.8765/jpk.v13i1.678
Rahardjo, B. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini dan Peran Pendidik. Jakarta: Penerbit Guru.
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Sisdiknas. (2008). Pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Susanto, H. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Cerdas.
Susilowati, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(3), 75-89. https://doi.org/10.4321/jep.v11i3.456
Wahyudi, F. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 50-63. https://doi.org/10.2345/jpp.v16i2.789
Yufina, E. (2020). Pentingnya Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Moral, 14(2), 34-48. https://doi.org/10.5678/jpm.v14i2.123
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Husnul Qhatima, Sumardin Raupu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)