Implementasi Kebijakan Program Layanan Internet Desa terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Wilayah Blankspot
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.7033Keywords:
layanan internet desa (linda), kebijakan, sekolah dasar, pembelajaran, blankspotAbstract
Program LINDA (Layanan Internet Desa) merupakan program Diskominfo yang membuka akses pendidikan digital di wilayah blankspot khususnya di SDN pedesaan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengalaman para pemangku kepentingan pendidikan, termasuk guru dalam penyelesaian tugas dan siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian dipilih secara purposive, meliputi pihak desa (kepala desa dan guru wilayah blankspot) dan pihak Diskominfo yang terlibat langsung dalam implementasi program dengan masing-masing satu orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, yang dianalisis menggunakan metode analisis tematik dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan melaporkan pola atau tema dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program LINDA bermanfaat bagi guru-guru untuk mulai mengintegrasikan media digital dalam proses mengajar, mengunduh buku pembelajaran serta penggunaan video pembelajaran dan kuis daring yang meningkatkan partisipasi siswa. Tantangan yang ada seperti seperti sinyal tidak stabil saat hujan, akses jalan untuk perbaikan alat, listrik yang belum full 24 jam dan keterbatasan perangkat di sekolah menunjukkan masih banyak solusi lain yang bisa diterapkan serta harus disertai dengan pelatihan, infrastruktur pendukung, dan pemahaman pedagogi digital.
References
Amelia, R., Suriansya, A., Cinantya, C., & Revia, W. (2025). Empowering Future Educators : Analyzing Digital Literacy Skills in Elementary Teaching Assistants ( TAS ). 6(2), 70–84.
Anwar, K. (2014). Analisis Dampak Defisit Anggaran terhadap Ekonomi Makro Indonesia. Jejaring Administrasi Publik, 6(2), 588–603.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066
Cinantya, C., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2025). Teacher Empowerment in Digitalization of Local Wisdom - Based Learning (Issue Icelet 2024). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-374-0
Safira, D., Az-zahra, N. S., Rahmah, Z. N., & Alifia, M. (2025). Kepemimpinan Transformasional dalam Lembaga Paud untuk Menyongsong Pendidikan Abad 21.
Saifuddin, R., Balitbangda, P., & Lampung, P. (2021). Pengaruh Pandemi Terhadap Tata Kelola Pemerintahan; Studi Kasus Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Lampung Influence of Pandemic on Governance; Case Study of Lampung Province Government Public Services. Jurnal.Balitbangda.Lampungprov.Go.Id, 9(3), 1–22.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sleman. 0738(4), 6012–6022.
Supriyadi, A., & Rohmat, D. (2019). Pendidikan Inklusif di Indonesia: Tantangan dan Peluang dalam Implementasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 24(3), 319–331.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Syifa, N., Alfisah, S., Cinantya, C., Mangkurat, U. L., & Karakter, P. (2025). Inovasi Pendidikan Nusantara Inovasi Pendidikan Nusantara. 6(1), 626–654.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, N., & Rukhmana, T. (2022). Pendidikan inspiratif era cybernetics (Strategi menjadikan iklim pembelajaran bermakna di era digital). Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 4(5), 4303-4311.
Ahmad, M. I. S. (2023). Bab 4 Kependudukan dan Tenaga Kerja Revitalisasi Pembangunan Ekonomi. Revitalisasi Ekonomi Pembangunan, 37.
DEWI, R. S., & SURIANSYAH, A. (2025). Pemberdayaan Masyarakat untuk Peningkatan Mutu Pendidikan: Studi Kualitatif pada Sekolah di Pedesaan dan Perkotaan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 33-43. https://doi.org/10.51878/elementary.v5i1.4158
Gede, I. K., Hosea, E., Ratnaningsih, R., Hendriana, T. I., Hulu, D., Judijanto, L., ... & Wahyuni, N. N. T. (2024). Metodologi Penelitian Manajemen Bisnis: Teori dan Panduan Lengkap untuk Karya Ilmiah Terbaik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hartini, Y., Suriansyah, A., & Sulistiyana, S. (2025). Adaftasi Stakeholders Sekolah dalam Urgensi Implementasi Digitalisasi Pendidikan Sebagai Usaha Peningkatkan Kualitas Pembelajaran. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 6911-6918.
Hidayah, F. F., & Imaduddin, M. (2015). Diskripsi keterampilan proses sains calon guru kimia berbasis inquiry pada praktikum kimia dasar. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 8-12. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.8-12
Hombone, E. (2025). Smart Village sebagai Solusi Inovatif Pembangunan Daerah Terpencil. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(1), 122-131. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i1.380
Kurniyati, W., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B. M. B., & Jannah, F. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SDN TELUK DALAM 1. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.18695
Machmud, S. (2015). Kajian Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility Sebagai Alternatif Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(1), 29-44.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27778.
Purba, O., Muhammadiah, M. U., Syamil, A., Nooraini, A., Sepriano, S., Sa'dianoor, S. D., & Gunawan, A. F. (2023). Dasar Hukum & Analisis Tata Kelola Ibu Kota Negara Dari Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ramadhan, M. A., & Setyaningsih, R. (2025). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi. Jurnal Kependidikan Islam, 15(1), 23-33.
SA, K. N., & SURIANSYAH, A. (2025). Model Penjaminan Mutu dengan Pendekatan Neuroleadership dan Sistem Berbasis Komunitas dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Era Abad Ke-21. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 149-156. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4152
Sitio, A. D., Kurnia, D., & Wulandari, W. (2024). Implementasi Kebijakan Penanganan Permukiman Kumuh di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Jurnal Praxis Idealis: Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 1(1). https://doi.org/10.36859/jp.v1i1.2956
Suriansyah, A. (2024). Character Education Management Based on Boarding School: A Case Study of Man Insan Cendekia Tanah Laut. International Journal Education, School Management and Administration, 1(2), 16-25.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., Ngadimun, N., Sin, I., Yaakob, M. M., Aslamiah, A., ... & Wiyono, B. B. (2022). The Effectiveness Of Learning Model Gawi Manuntung To Increase High Order Thinking Skills And Digital Literacy Skills Elementary School Students. In ICERI2022 Proceedings (pp. 5389-5400). IATED. https://doi.org/10.21125/iceri.2022.1311
Yusuf, M. (2025). Flipped Classroom: Revolusi Pengajaran dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4(1), 27-44. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.80
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Shafa' Muthi'ah, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)