Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan

Authors

  • Gracia Gampu Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Monica Roito Ambarita Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.7387

Keywords:

kesulitan belajar, materi pecahan, pemahaman konsep, penelitian kualitatif, pendidikan dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami siswa kelas IV sekolah dasar dalam memahami materi pecahan. Pemilihan topik ini didasarkan pada kenyataan bahwa pecahan merupakan salah satu konsep dasar matematika yang penting, namun seringkali sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa siswa mengalami kesulitan baik dalam memahami konsep maupun dalam melakukan operasi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan dalam memahami makna pecahan, melakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian), serta menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain keterbatasan pengetahuan konseptual siswa, rendahnya motivasi belajar, dan metode pengajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran yang kontekstual dan interaktif untuk membantu siswa memahami pecahan secara lebih efektif.

References

Barbosa, A., & Vale, I. (2021). A visual approach for solving problems with fractions. Education Sciences, 11(11), 1–18. https://doi.org/10.3390/educsci11110727

Diputra, K. S., Suryadi, D., Herman, T., & Jupri, A. (2023). Analysis of the Elementary School Students’ Learning Obstacles: A Case Study on the Concept of Fractions. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(1), 13. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i1.13078

Hariyani, M., Herman, T., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2022). International Journal of Educational Methodology Exploration of Student Learning Obstacles in Solving Fraction Problems in Elementary School. International Journal of Educational Methodology, 8(3), 505–515. https://www.ijem.com/exploration-of-student-learning-obstacles-in-solving-fraction-problems-in-elementary-school

Manjani, N., Khairunisa, A., Cahaya Putri, S., Nababan, R., Rahmawati, S., & Simanjuntak, C. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5, 149–155.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (Edisi ke 2). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Purnomo, Y. W., Widowati, C., Aziz, T. A., & Pramudiani, P. (2017). Fractions division knowledge of elementary school student: The case of Lala. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995148

Purnomo, Y. W., Widowati, C., & Ulfah, S. (2019). Incomprehension of the Indonesian Elementary School Students on Fraction Division Problem. Infinity Journal, 8(1), 57–74. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p57-74

Rahadian, B., & Raditya. (2020). The Use of Fractional Blocks to Improve Mathematics for Second Grade Elementary School Students at South Bangka Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(12), 189–197. www.ijisrt.com189

Unaenah, E., Suryadi, D., & Turmudi. (2023). Students’ Learning Obstacles on Fractions in Elementary School. 1(2019), 148–157. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-020-6_16

Wijaya, A. (2017a). The difficulties of Indonesian fourth graders in learning fractions: An early exploration of TIMSS 2015 results. AIP Conference Proceedings, 1868(October). https://doi.org/10.1063/1.4995154

Wijaya, A. (2017b). The relationships between Indonesian fourth graders’ difficulties in fractions and the opportunity to learn fractions: A snapshot of TIMSS results. International Journal of Instruction, 10(4), 221–236. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10413a

Wulandari, D., & Amir, M. F. (2022). Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Fraction Addition. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 43–54. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.35275

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Gampu, G., & Ambarita, M. R. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 398–406. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.7387

Issue

Section

Articles

Citation Check