Pendekatan Pembelajaran Berbasis Alam pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7868Keywords:
pembelajaran berbasis alam, nbl, pendidikan anak usia dini, kurikulum merdekaAbstract
Pembelajaran berbasis alam (Nature-Based Learning/NBL) menawarkan pendekatan yang kontekstual, menyenangkan, dan holistik dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sangat relevan dengan kebutuhan perkembangan anak pada masa keemasan. Artikel ini merupakan tinjauan literatur yang bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat, strategi implementasi, serta hambatan penerapan NBL dalam konteks PAUD di Indonesia. Studi ini mengkaji sejumlah penelitian nasional yang menunjukkan bahwa pendekatan NBL berdampak positif terhadap aspek kognitif, motorik, sosial, emosional, hingga perkembangan karakter anak. Proses pembelajaran yang melibatkan eksplorasi langsung terhadap lingkungan sekitar mendorong anak untuk aktif berpikir, berinteraksi, dan membangun makna melalui pengalaman nyata. Model pembelajaran ini didasarkan pada prinsip belajar di alam, dengan alam, dan bersama alam, yang terbukti meningkatkan minat belajar, kemampuan problem solving, keterampilan sosial, dan kecintaan terhadap lingkungan. Selain itu, pendekatan ini sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis minat anak. Dengan merangkum berbagai temuan, artikel ini menyajikan refleksi kritis terhadap efektivitas dan tantangan pelaksanaan NBL di lembaga PAUD, sekaligus menawarkan arah pengembangan lebih lanjut dalam kebijakan pendidikan dan praktik pedagogis yang kontekstual. Hasil studi ini diharapkan menjadi kontribusi konseptual dan praktis dalam pengembangan pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada kebutuhan anak dan berkelanjutan secara lingkungan.
References
Afifah, S. A. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Alam Ar-Rayyan Kota Malang. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Aisyah, K. F. (2024). Strategi pembelajaran anak usia dini berbasis alam di tk pertiwi gununglurah cilongok banyumas. Skripsi. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Amiliya, R., & Dryas M, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 79–87. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158
Ayuni Febiana, A., Mujib, M. Y. F., Ahriza Davina Putri, C., Hidayatusholiha, A., Aprilia, P., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam sebagai Sarana Pengembangan Karakter Sosial Peserta Didik di Sanggar Anak Alam. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 317–329. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2319
Chatib, M. (2012). Sekolahnya manusia : sekolah berbasis multiple di Indonesia (Budhyastuti R.H (ed.); 14th ed.). Kaifa.
Damayanti, N. (2024). Pembelajaran Alam: Meningkatkan Kognisi dan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini melalui Pengalaman Alam. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(3), 107–113.
Dewi, F. K., Syamsudin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Efektivitas Nature-Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 7(2), 161. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36384
Diana, N., & Mesiono. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia DinI (Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkeunggulan). In New York (1st ed., Vol. 90, Issue 9). Perdana Publishing.
Febrian, E. S., Munajat, A., & P, A. A. (2025). Implementasi Nature Play Education Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Kober Ali Az-Zahra. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 8, 24–32.
Hartati, S. (2022). Peran Pendidikan Berbasis Alam dalam Mengembangkan Mecerdasan Alami Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 06(02), 161–172.
Irawati, S. N., & Solihah, N. A. (2023). Sistem Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 218–263. https://doi.org/10.54180/joeces.2021.1.2.218-263
Jiwaningrum, S., & Suryono, Y. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 223. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2691
Jumriah, Rusmayadi, Musi, M. A., & Syamsuardi. (2025). Implementasi pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini. Variable Research Journal, 02(01), 1. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/175
Leong, D. J., & Bodrova, E. (1995). Zone of Proximal Development. 2(4), 0–2.
Lestari, E., Wulandari, R. S., & Astuti, C. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Stimulasi Perkembangan Intelektual Aud. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43–59. https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.8798
Lungu, M. (2022). The Coding Manual for Qualitative Researchers. American Journal of Qualitative Research, 6(1), 232–237. https://doi.org/10.29333/ajqr/12085
Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Penerbit Gawe Buku.
Nadhifa, S. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam.
Paquette, D., & Ryan, J. (2020). Bronfenbrenner ’ s Ecological Systems Theory. January, 1–4. http://people.usd.edu/~mremund/bronfa.pdf
Pristikasari, E., Mustaji, & Jannah, M. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis alam dengan loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa pada anak TK. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahmah, Y., Siti Junaeni, E., & Ma, M. (2025). Implementasi Kurikulum Paud Berbasis Alam : Studi Observasi Terhadap Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Luar Ruangan. 1805–1814. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diah Prawesti, Khofifah Umiyatul Janah, Qonita Chiara Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)