Pendekatan Pembelajaran Berbasis Alam pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Diah Prawesti Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Khofifah Umiyatul Janah Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Qonita Chiara Darmawan Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7868

Keywords:

pembelajaran berbasis alam, nbl, pendidikan anak usia dini, kurikulum merdeka

Abstract

Pembelajaran berbasis alam (Nature-Based Learning/NBL) menawarkan pendekatan yang kontekstual, menyenangkan, dan holistik dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sangat relevan dengan kebutuhan perkembangan anak pada masa keemasan. Artikel ini merupakan tinjauan literatur yang bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat, strategi implementasi, serta hambatan penerapan NBL dalam konteks PAUD di Indonesia. Studi ini mengkaji sejumlah penelitian nasional yang menunjukkan bahwa pendekatan NBL berdampak positif terhadap aspek kognitif, motorik, sosial, emosional, hingga perkembangan karakter anak. Proses pembelajaran yang melibatkan eksplorasi langsung terhadap lingkungan sekitar mendorong anak untuk aktif berpikir, berinteraksi, dan membangun makna melalui pengalaman nyata. Model pembelajaran ini didasarkan pada prinsip belajar di alam, dengan alam, dan bersama alam, yang terbukti meningkatkan minat belajar, kemampuan problem solving, keterampilan sosial, dan kecintaan terhadap lingkungan. Selain itu, pendekatan ini sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis minat anak. Dengan merangkum berbagai temuan, artikel ini menyajikan refleksi kritis terhadap efektivitas dan tantangan pelaksanaan NBL di lembaga PAUD, sekaligus menawarkan arah pengembangan lebih lanjut dalam kebijakan pendidikan dan praktik pedagogis yang kontekstual. Hasil studi ini diharapkan menjadi kontribusi konseptual dan praktis dalam pengembangan pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada kebutuhan anak dan berkelanjutan secara lingkungan.

References

Afifah, S. A. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Alam Ar-Rayyan Kota Malang. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Aisyah, K. F. (2024). Strategi pembelajaran anak usia dini berbasis alam di tk pertiwi gununglurah cilongok banyumas. Skripsi. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Amiliya, R., & Dryas M, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 79–87. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158

Ayuni Febiana, A., Mujib, M. Y. F., Ahriza Davina Putri, C., Hidayatusholiha, A., Aprilia, P., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam sebagai Sarana Pengembangan Karakter Sosial Peserta Didik di Sanggar Anak Alam. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 317–329. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2319

Chatib, M. (2012). Sekolahnya manusia : sekolah berbasis multiple di Indonesia (Budhyastuti R.H (ed.); 14th ed.). Kaifa.

Damayanti, N. (2024). Pembelajaran Alam: Meningkatkan Kognisi dan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini melalui Pengalaman Alam. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(3), 107–113.

Dewi, F. K., Syamsudin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Efektivitas Nature-Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 7(2), 161. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36384

Diana, N., & Mesiono. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia DinI (Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkeunggulan). In New York (1st ed., Vol. 90, Issue 9). Perdana Publishing.

Febrian, E. S., Munajat, A., & P, A. A. (2025). Implementasi Nature Play Education Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Kober Ali Az-Zahra. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 8, 24–32.

Hartati, S. (2022). Peran Pendidikan Berbasis Alam dalam Mengembangkan Mecerdasan Alami Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 06(02), 161–172.

Irawati, S. N., & Solihah, N. A. (2023). Sistem Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 218–263. https://doi.org/10.54180/joeces.2021.1.2.218-263

Jiwaningrum, S., & Suryono, Y. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 223. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2691

Jumriah, Rusmayadi, Musi, M. A., & Syamsuardi. (2025). Implementasi pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini. Variable Research Journal, 02(01), 1. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/175

Leong, D. J., & Bodrova, E. (1995). Zone of Proximal Development. 2(4), 0–2.

Lestari, E., Wulandari, R. S., & Astuti, C. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Stimulasi Perkembangan Intelektual Aud. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43–59. https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.8798

Lungu, M. (2022). The Coding Manual for Qualitative Researchers. American Journal of Qualitative Research, 6(1), 232–237. https://doi.org/10.29333/ajqr/12085

Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Penerbit Gawe Buku.

Nadhifa, S. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam.

Paquette, D., & Ryan, J. (2020). Bronfenbrenner ’ s Ecological Systems Theory. January, 1–4. http://people.usd.edu/~mremund/bronfa.pdf

Pristikasari, E., Mustaji, & Jannah, M. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis alam dengan loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa pada anak TK. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rahmah, Y., Siti Junaeni, E., & Ma, M. (2025). Implementasi Kurikulum Paud Berbasis Alam : Studi Observasi Terhadap Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Luar Ruangan. 1805–1814. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Prawesti, D., Janah, K. U., & Darmawan, Q. C. (2025). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Alam pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 767–779. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7868

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.