Model Pelatihan Keterampilan Bela diri Kickboxing untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7940Keywords:
kickboxing, model, anak sekolah dasar, latihanAbstract
Penelitian bertujuan membuat model latihan aspek keterampilan bela diri Kickboxing sesuai untuk anak yang sekolah dasar (usia 9 sampai dengan 12 tahun). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983): (1) mengumpulkan informasi, (2) menganalisis data, (3) membuat produk awal, (4) memperoleh masukan dari para ahli dan merevisi tahap pertama, (5) melakukan uji coba terbatas dan merevisi, (6) melakukan uji coba luas dan merevisi tahap kedua, dan (7) menyusun produk akhir. Uji coba terbatas dilakukan terhadap siswa ekstrakurikuler MIM 1 Nglencong dan SD Negeri 1 Bendo, sedangkan uji coba luas dilakukan terhadap siswa yang berlatih Kickboxing di Kampung Jagir, Desa Kauman, yang berlatih di SD Negeri 1 Bendo, serta anggota Ikatan Kickboxing Nglencong. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa alat, sebagai: (1) wawacara, (2) skala penilaian, (3) panduan observasi model, dan (4) panduan penilaian keefektlfan. Analisis ini data mengunakan dengan pendekatan deskriptif kuantltatif dan kuaIitatif. Penelitian menghasilkanitiga model pelatihan, yaitu: (1) kucing tikus, (2) benteng, dan (3) gobak sodor. Berdasarkan penilaian ahli, keenam model tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, lalu kemudian psikomotorik, lalu dinyatakan menjadilayak dan efektlf untk dlgunakan.
References
Ardiwinata, A. A., dkk. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Cerdas Jaya.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). Longman.
Cholik, M. T. (2002). Gagasan-gagasan pendidikan jasmani dan olahraga. University Press Book G. Inc.
Giriwijoyo, S. (2007). Ilmu kesehatan olahraga. Bandung: Ilmu Keguruan Ilmu Pendidikan Bandung.
Komisi Disiplin Ilmu Keolahragaan. (2000). Ilmu keolahragaan dan pengembangannya. Departemen Pendidikan Nasional.
Masganti, S. (2021). Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Prenada Media.
Mulyaningsih, N. N. (2023). Etnofisika dalam seri permainan tradisional. Syiah Kuala University Press.
Nawawi, H., & Hadari, M. (2006). Instrumen penelitian bidang sosial. Gajah Mada University Press.
Rahman, H. A. (2011). Kontribusi pembelajaran motorik dalam meningkatkan kualitas jasmani menuju pengembangan sumber daya manusia [Pidato Pengukuhan Guru Besar]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Soetoto, P. (1999). Permainan anak, tradisional dan aktivitas ritmik. Universitas Terbuka.
Sukadiyanto. (2002). Metode melatih fisik petenis. FIK UNY.
Usman, A. (2023). Kajian ilmu keolahragaan dan kesehatan. Nasya Expanding Management.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Fantas Setyadi, Yusuf Panjiantariksa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)