Penguatan Kompetensi Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Kearifan Lokal dan Nilai Keislaman: Tinjauan Literatur

Authors

  • Dewi Hardiyanti Sahabuddin Universitas Andi Djemma Palopo, Indonesia
  • Khairunnisa Edy Universitas Andi Djemma Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8556

Keywords:

kompetensi Bahasa Indonesia, kearifan lokal, nilai keislaman, literasi, karakter

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan kompetensi berbahasa yang komprehensif dan berkarakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis penguatan kompetensi Bahasa Indonesia melalui integrasi pendekatan kearifan lokal dan nilai keislaman berdasarkan telaah literatur. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan desain analisis tematik, melibatkan beragam sumber seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian yang relevan; data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi, kategorisasi, dan sintesis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan empat indikator kearifan lokal nilai-nilai lokal, bahasa dan budaya daerah, praktik dan tradisi, serta identitas dan sikap yang memberi konteks pembelajaran yang lebih dekat dengan kehidupan peserta didik. Selain itu, nilai keislaman, yang mencakup akhlak berbahasa, nilai Qur’ani dan Hadis, kepribadian spiritual, serta dimensi sosial keislaman, terbukti memperkuat karakter dan etika dalam penggunaan bahasa. Integrasi ketiga komponen tersebut menghasilkan hubungan sinergis yang memperkaya pengalaman belajar, membentuk sikap berbahasa santun, memperkuat identitas budaya dan religius, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran Bahasa Indonesia yang secara sistematis mengintegrasikan budaya lokal dan nilai keislaman untuk meningkatkan literasi, karakter, dan relevansi pembelajaran di sekolah.

References

Alaudin, N., & Nurjanah. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan, 1(2), 58–66. https://doi.org/10.63866/pendiri.v1i2.61

Ananda, A., Illahi, M. H. A., Hakim, T. R. A., & Anwar, S. (2025). Pendidikan Islam sebagai Pilar Harmoni Sosial dan Keadilan Hukum dalam Masyarakat Multikultural. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 148–157. https://doi.org/10.30599/ekqdqa36

Ardiningrum, T. D. (2025). Menanamkan Nilai Adab sebelum Ilmu dalam Pembelajaran Upaya Pembentukan Karakter dan Etika Peserta Didik. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 44–55. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i3.1129

Charles, C. (2024). Membangun Pemahaman Al-Qur’an yang Kritis dan Analitis (1st ed., pp. 247–261). Penerbit CV. Al-Haramain Lombok. https://repo.uinbukittinggi.ac.id/1023/

Fa’idah, M. L. (2025). Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Kearifan Lokal: Upaya Membentuk Karakter Bangsa yang Berakhlak Mulia. AT-TAKILLAH : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 21–27.

Fathoni, F. (2024). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1152–1165. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2532

Gani, R. (2024). Integrasi Kearifan Lokal Maluku Utara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ternate. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 197–205.

Ghifari, F. H. A. (2025). Adab Sebelum Ilmu: Reaktualisasi Nilai-Nilai Tarbiyah dalam Pendidikan Islam Dasar. JIRER Journal Islamic Religious Education Research, 1(1), 12–28.

Gianto, G., & Sunanik, S. (2024). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Kerangka Filsafat Pendidikan Islam. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 38–48.

Hastuti, E. F., Judijanto, L., Widodo, D. P., Sholihah, R. A., & Ermawat, E. (2025). Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hatima, Y., Ummah, I., & Saputra, E. E. (2025). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Budaya Sunda dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Sastra di Sekolah Dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 484–492. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1218

Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141–156. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4665

Hidayati, F. R., & Zainil, M. (2025). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Educational Research and Development. 1(4), 412–416.

Indrawati, M., & Sari, Y. I. (2024). Memahami Warisan Budaya dan Identitas Lokal di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 18(1), 77–85. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i1.9902

Jubaedah, R., Dewi, D. A., & Istianti, T. (2025). Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Integrasi Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1286–1291. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1765

Julian, H. (2025). Strategi Penerjemahan Teks Naratif dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab Berbasis Konteks Budaya. AL IMTIYAZ: Arabic Linguistics and International Methodology for the Tarbiyah of Arabic Journal, 3(2), 123–143.

Kaharuddin, K., & Hisbullah, H. (2022). Integrated Local Wisdom Values in Strengthening Student Character: Curriculum Design for Madrasah Ibtidaiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.5095

Maharany, I., Azizah, H. N., Hasanah, N. U., Imani, E. N., Arosad, M. F., Hadi, M. I., & Rizkiah, N. H. (2023). Integrasi Nilai Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 341–347. https://doi.org/10.55606/religion.v1i2.89

Minang, P., Rustan, E., & Hisbullah, H. (2023). The Value of Solidarity in Learning Activities Integrated with Traditional Games. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.54461

Muslim, B., & Makmun, S. (2020). Integrasi Pendidikan Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak dalam Teks Prosedur pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA. JURNALISTRENDI : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 135–146. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.436

Naila, F. A., Nugroho, A. A., & Kholifah, P. N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Membaca dalam Soal Asesmen Nasional pada Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 539–543. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.660

Nurjannah, S., & Fatonah, S. (2024). Pendekatan Interkoneksi dalam Pengajaran Bahasa dan Nilai Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 415–424. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i2.3464

Sahabuddin, D. H., & Risnawati, R. (2024). Pengaruh Pengunaan Metode Analisis Waktu Terhadap Peningkatan Keterampilan Kognitif dan Afektif Siswa pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Dieksis ID, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.1.2024.445

Saleh, A. M., Wekke, I. S., Riswandi, A., & Aryanti, A. (2023). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Pendidikan Sulawesi Selatan: Gagasan dan Temuan Awal. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 167–172. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2116

Shofiyani, M., Linda, C. M., Fitrianingsih, N. D., Nugraha, S. P., Widodo, S., Aminah, S., & Maskhuliah, P. (2025). Menggali Himpunan Kearifan Lokal: Perspektif Teori Himpunan Dalam Budaya Papua | Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Katalis/article/view/1198

Sholeh, M. I., Sokip, S., Syafi’i, A., Habibulloh, M., Sahri, S., NUR ‘AZAH, & Farisy, F. A. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Karakter. ABDUSSALAM : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 59–72.

Sudirman, A., Khotimah, K., Haryono, P., & Asriati, S. A. S. (2025). Techniques and Principles in Language Teaching (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wardani, A. S. K., Sholichin, M., & Samsukadi, M. (2025). Etika Komunikasi Murid terhadap Guru dalam Surah Al-Isra‘ Ayat 23: Telaah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Nasional. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(3), 322–333. https://doi.org/10.63822/hhzdgn94

Widayati, R., & Kholilah, S. (2022). Implementasi Pendidikan Komunikasi Islam dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, Sumatera Utara. https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2516

Zahra, A. M., & Mukhlis, M. (2024). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca SDN 001 Japura Kecamatan Lirik. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 6(1), 49–59.

Zakaria, B. N. A. (2021). Pembelajaran Akhlak: Sebuah Model Kesantunan Bahasa Verbal Santri dan Ustadz Dalam Berkomunikasi di Pondok Pesantren Salaf.: Model Pembelajaran Akhlak. RAHMATAN LIL ALAMIN: Journal of Peace Education and Islamic Studies, 4(1). https://doi.org/10.33379/jrla.v4i1.898

Downloads

Published

2025-12-06

How to Cite

Sahabuddin, D. H., & Edy, K. (2025). Penguatan Kompetensi Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Kearifan Lokal dan Nilai Keislaman: Tinjauan Literatur. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1027–1042. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8556

Citation Check