Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar

Authors

  • Aprian Paturrahman Universitas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8809

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah, platform pembelajaran digital, manajemen pembelajaran, sekolah dasar, digitalisasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam implementasi platform pembelajaran digital di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenamenologi, melibatkan Kepala Sekolah, guru kelas, dan operator sekolah sebagai informan kunci. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam tiga aspek utama: perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Pada tahap perencanaan, Kepala Sekolah merumuskan visi digital sekolah serta memetakan kebutuhan sarana dan kompetensi guru. Pada tahap pengorganisasian, Kepala Sekolah mengelola sumber daya manusia dan fasilitas teknologi, namun masih menghadapi kendala terkait literasi digital guru dan infrastruktur yang belum optimal. Pada aspek pengawasan, Kepala Sekolah melakukan monitoring rutin untuk memastikan implementasi platform digital berjalan sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah sudah berada pada arah yang tepat, namun keberhasilan implementasi digital memerlukan dukungan berkelanjutan berupa peningkatan kompetensi guru dan penguatan fasilitas teknologi.

References

Abdullah, H., Arjuniadi, & Kusma, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter, Demokrasi dan Kedisplinan Terhadap, Kinerja Pegawai pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Pidie. Jurnal Ekobismen, Volume 3, 1–18. https://doi.org/10.47647/jeko.v3i1.1035

Hariandi, A., Bindang, D., Putra Dwitama, D., Rahman, N. A., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar (Vol. 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Hulkin, M., & Shaleh, S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia pada Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1313–1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814

Hutahaean, W. S. (2021). Filsafat dan Teori Kepemimpinan (L. L. Mabruroh, Ed.; Pertama). Ahlimedia Press.

Jamrizal. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JMPIS, Vol.3, 479–488. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pertama). Bumi Aksara.

Mutiaha, E., Misbahudin, E., Radja, E., & Agustinaa, Y. (2024). Kepemimpinan sebagai Agen Perubahan dalam Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 16, 10–16.

Paturrahman, A., Febrianti, Y., Dongoran, A., & Sastrawati, E. (2024). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis TIK Pada Mata Kuliah Pengembangan Literasi Digital Kependidikan Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10620

Ramdani, M., Zurqoni, Z., & Zamroni, Z. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 1081–1095. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.938

Sutikno, M. S. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan :Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan (P. Hadisaputra, Ed.). Holistica.

Wiyana, A., Hidayati, D., Suyata, S., & Hasanah, E. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Resiliensi Sekolah Di Era Digital. Manajemen Pendidikan, 169–182. https://doi.org/10.23917/jmp.v19i1.3999

Downloads

Published

2025-12-21

How to Cite

Paturrahman, A., Hariandi, A., & Sholeh, M. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1084–1092. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8809

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.