Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8809Keywords:
kepemimpinan kepala sekolah, platform pembelajaran digital, manajemen pembelajaran, sekolah dasar, digitalisasi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam implementasi platform pembelajaran digital di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenamenologi, melibatkan Kepala Sekolah, guru kelas, dan operator sekolah sebagai informan kunci. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam tiga aspek utama: perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Pada tahap perencanaan, Kepala Sekolah merumuskan visi digital sekolah serta memetakan kebutuhan sarana dan kompetensi guru. Pada tahap pengorganisasian, Kepala Sekolah mengelola sumber daya manusia dan fasilitas teknologi, namun masih menghadapi kendala terkait literasi digital guru dan infrastruktur yang belum optimal. Pada aspek pengawasan, Kepala Sekolah melakukan monitoring rutin untuk memastikan implementasi platform digital berjalan sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah sudah berada pada arah yang tepat, namun keberhasilan implementasi digital memerlukan dukungan berkelanjutan berupa peningkatan kompetensi guru dan penguatan fasilitas teknologi.
References
Abdullah, H., Arjuniadi, & Kusma, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter, Demokrasi dan Kedisplinan Terhadap, Kinerja Pegawai pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Pidie. Jurnal Ekobismen, Volume 3, 1–18. https://doi.org/10.47647/jeko.v3i1.1035
Hariandi, A., Bindang, D., Putra Dwitama, D., Rahman, N. A., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar (Vol. 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Hulkin, M., & Shaleh, S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia pada Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1313–1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814
Hutahaean, W. S. (2021). Filsafat dan Teori Kepemimpinan (L. L. Mabruroh, Ed.; Pertama). Ahlimedia Press.
Jamrizal. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JMPIS, Vol.3, 479–488. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pertama). Bumi Aksara.
Mutiaha, E., Misbahudin, E., Radja, E., & Agustinaa, Y. (2024). Kepemimpinan sebagai Agen Perubahan dalam Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 16, 10–16.
Paturrahman, A., Febrianti, Y., Dongoran, A., & Sastrawati, E. (2024). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis TIK Pada Mata Kuliah Pengembangan Literasi Digital Kependidikan Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10620
Ramdani, M., Zurqoni, Z., & Zamroni, Z. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 1081–1095. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.938
Sutikno, M. S. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan :Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan (P. Hadisaputra, Ed.). Holistica.
Wiyana, A., Hidayati, D., Suyata, S., & Hasanah, E. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Resiliensi Sekolah Di Era Digital. Manajemen Pendidikan, 169–182. https://doi.org/10.23917/jmp.v19i1.3999
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aprian Paturrahman; Ahmad Hariandi, Muhammad Sholeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the