Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini

Munir Yusuf, Jurniati Jurniati

Abstract


Pendidikan memberikan pengaruh dan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan diri anak. Pendidikan dalam hal ini dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan sengaja oleh seorang pendidik atau pengasuh anak guna mecapai tujuan yang telah ditentukan, atau mencapai kondisi yang lebih baik bagi anak. Aspek yang dilihat dalam pembahasan imi ada lima, yakni perkembangan fisik, moral, emosional, intelektual, dan perkembangan spiritual. Masing-masing aspek tersebut dapat berkembang secara baik dengan adanya program pendidikan yang teah ditetapkan kepada anak. Baik pendidikan dalam keluarga, pendidikan pra sekolah maupun pendidikan di sekolah.Segala perilaku dan stimulasi yang diterima anak akan berpengaruh terhadap pembentukan dan pengembangan dirinya, baik disengaja maupun tidak. Pendidikan merupakan bentuk perilaku dan stimulasi yang disengaja dan disadari oleh pendidik atau pengasuhnya, sehingga efek yang dihasilkan diharapkan akan lebih baik dibanding dengan perilaku atau stimulasi yang diterima anak secara spontan.


Keywords


Pengaruh, Pendidikan, Perkembangan AUD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dida.(2010).http://sadidadalila.wordpress. com/2010/01/03/pentingnya- pendidikan -anak- usia-dini-di- indonesia/. (diakses pada tanggal 15 Maret 2017)

Hasan, Maimunnah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press

Kania. 2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal. http://pustaka.unpad.ac.id/. Diakses 15 Maret 2017

Kuntjojo. (2010). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. http://kunt34.blogspot.com/2010/11/konsep-konsep-dasar- pendidikan- anak.html (diakses pada tanggal 21 Maret 2017)

Narendra, Moersintowarti B, dkk. (2002). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto

Mansur, H. (2009). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika

Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD. Bandung :PT.Remaja Rosdakarya

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC


Article Metrics

Abstract view : 420 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini  has been indexed by the following service (click the link for the further information):

Image result for icon crossref       Image result for google scholar