KONSEP ILMU PENGETAHUAN (SAINS) DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI (Literature Study untuk Mata Kuliah Islam dan Sains Pada Prodi PIAUD IAIN Palopo)

Subhan Subhan

Abstract


Hakikat sains dan anak sebagai subjek dan objek kajian dikalangan cendekiawan sering menjadi polemik. Keilmuan sains yang terus berkembang, pembahasan dan integrasi dalam berbagai dimensi keilmuan terutama dalam perspektif al-quran yang termasuk dalam kontekstualisasi kebenaran yang mutlak di atas kebenaran teori (Darsitun, 2021) seringkali menimbulkan kebingungan tetang apa dan bagaimana seharusnya memposisikan konten, konsep dan subjek matter pembelajaran sains untuk anak usia dini terutama yang ada di lembaga-lembaga Raudhatul Athfal yang menggunakan kurikulum dengan pendekatan integrasi keislaman (Haryati, 2023) dan konsep pendidikan kontemporer kekinian (Susilawati & Musa, 2020) untuk mencetak generasi islam yang sesuai dengan visi luhur kementerian agama. Integrasi sains perspektif al-quran-keislaman pada pembelajaran sains anak usia dini merupakan tantangan yang cukup besar. Dalam teologi (root) keilmuan, Al-quran diposisikan sebagai “sign†yaitu “tanda†dari adanya peristiwa atau konsep sains (Adhiguna & Bramastia, 2021) melalui ayat-ayat sifatnya kontekstual (Putri, dkk., 2023). Hal tersebut membuat posisi dan pengintegrasian sains al-quran menjadi sangat sulit untuk diterjemahkan ke dalam ranah praktis-aplikatif dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini. Konseptualisasi untuk menemukan pola dasar yang dapat menempatkan sains, sains dalam alquran dan kurikulum serta karakteristik anak usia dini menjadi sangat perlu untuk dilakukan.

Keywords


Alquran, Sains, Sains Anak Usia Dini

Full Text:

PDF PDF

References


Putri, A. L., Andy, S., Utomo, W. W., & Pemi, M. (2023). Jahe Dalam Al-Quran dan Sains:. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 240-250. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.95

Ni Luh Putri, & Umar, N. H. (2021). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif memahami Sains Pada Anak kelompok B di TK GMIM Sejahtera Wanea. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-60. Retrieved from http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2255

Destiati, R. A., & Yudhanegara, M. R. (2023). Hubungan antara Kemampuan Penalaran Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7759

Hermansyah, H. (2020, March 25). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15-25. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v7i1.547

Nurani, Y., Hartati, S. & Sihadi. (2020). Memacu Kreativita Melalui Bermain; Pembelajaran Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.

Hidayati, W., & Suryana, D. (2021). Peran guru dalam mengenalkan sains pada anak usia dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72-78. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168

Darsitun. (2021). Menakar Ulang Hermeneutika dalam Studi Alquran di Era Modern dan Kontemporer (Pendekatan Sastra, Sejarah dan Sains). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 22 (1), 21-42. DOI:10.30595/islamadina.v%vi%i.6816

Haryati, H., Widodo, S., Ismail, R., & Mahmud, M. (2023). Pembelajaran di Raudatul Athfal (RA) TAUD SAQU Cahaya Hati Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 166-174. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781358

Susilawati, S., & Musa, S. (2020). Implementasi Visi Misi Dan Program Raudhatul Athfal Nursaa’adah Dalam Mengembangkan Prestasi . JoCE (Journal of Community Education), 1(2), 110–114. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4201

Adhiguna, B. & Bramastia, B. (2021). Pandangan al-qur’an terhadap ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam pembelajaran sains. Jurnal Inquiri, 10 (2), 137-144. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257

Hidayati, W., & Suryana, D. (2021, June 25). PERAN GURU DALAM MENGENALKAN SAINS PADA ANAK USIA DINI. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72-78. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v5i1.3786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Subhan Subhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License ©TunasCendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2541-6499