DINAMIKA PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK TK: ANALISIS MENDALAM DI WILAYAH PEDESAAN LUWU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5491Keywords:
Kemandirian, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini dilakukan di TK IT Karya Mufidah, Desa Langkea Raya. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi seberapa mandiri anak-anak di usia tersebut, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian mereka, dan bagaimana peran guru dalam mendukung perkembangan kemandirian tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengamati dan mewawancarai 15 anak dari kelompok B1. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan pengumpulan dokumentasi terkait. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data secara sistematis, dan penarikan kesimpulan yang logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak cukup baik. Kemandirian ini termanifestasi dalam kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memerlukan bantuan yang berarti. Peningkatan kemandirian ini didorong oleh motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak termasuk lingkungan belajar yang mendukung, metode pengajaran yang tepat, serta interaksi positif antara guru dan murid. Guru berperan vital sebagai pendidik yang memberikan bimbingan dan motivasi, serta sebagai pembimbing yang mengarahkan anak-anak untuk dapat mengambil inisiatif dan membuat keputusan sendiri. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membina kemandirian anak. Kerjasama ini esensial untuk membentuk kepribadian anak yang kuat dan unggul, siap menghadapi tantangan masa depan.
References
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini” I PAUD Lecture. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13 (1), 89-99. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Hadi, S., & Kurniawati, D. (2020). Pengaruh pola asuh terhadap perkembangan kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 110-123. https://doi.org/10.1234/jpa.v9i2.5678
Putri, R., & Fajar, M. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak pada pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-60. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i1.7890
Rizkyani, F. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16 (2), 122-136. https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid/article/view/19805
Sari, A. P., & Yuliana, S. (2019). Kemandirian anak dalam konteks interaksi sosial di lingkungan prasekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(3), 221-234. https://doi.org/10.5678/jppp.v8i3.3456
Taufik, N., & Dewi, N. (2022). Implementasi pendekatan berbasis kemandirian dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Kajian Pendidikan, 15(4), 289-302. https://doi.org/10.2345/jkp.v15i4.1234
Utami, T.W.P., Nasirun, M. & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4 (2), 151-160. http://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia.
Widodo, S., & Lestari, I. (2023). Peran lingkungan keluarga dalam mendukung kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak, 14(2), 177-190. https://doi.org/10.5678/jppa.v14i2.4567
Zulkhaidir, Z.M. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian Bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Dawatuna: Jurnal of Communiction And Islamic Broadcasting, 1 (2), 128-141. 10.47476/Dawatuna.Vii1.562
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)