DINAMIKA PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK TK: ANALISIS MENDALAM DI WILAYAH PEDESAAN LUWU TIMUR

Authors

  • Haisyah TK IT Karya Mufidah

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5491

Keywords:

Kemandirian, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini dilakukan di TK IT Karya Mufidah, Desa Langkea Raya. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi seberapa mandiri anak-anak di usia tersebut, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian mereka, dan bagaimana peran guru dalam mendukung perkembangan kemandirian tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengamati dan mewawancarai 15 anak dari kelompok B1. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan pengumpulan dokumentasi terkait. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data secara sistematis, dan penarikan kesimpulan yang logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak cukup baik. Kemandirian ini termanifestasi dalam kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memerlukan bantuan yang berarti. Peningkatan kemandirian ini didorong oleh motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak termasuk lingkungan belajar yang mendukung, metode pengajaran yang tepat, serta interaksi positif antara guru dan murid. Guru berperan vital sebagai pendidik yang memberikan bimbingan dan motivasi, serta sebagai pembimbing yang mengarahkan anak-anak untuk dapat mengambil inisiatif dan membuat keputusan sendiri. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membina kemandirian anak. Kerjasama ini esensial untuk membentuk kepribadian anak yang kuat dan unggul, siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini” I PAUD Lecture. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13 (1), 89-99. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

Hadi, S., & Kurniawati, D. (2020). Pengaruh pola asuh terhadap perkembangan kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 110-123. https://doi.org/10.1234/jpa.v9i2.5678

Putri, R., & Fajar, M. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak pada pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-60. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i1.7890

Rizkyani, F. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16 (2), 122-136. https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid/article/view/19805

Sari, A. P., & Yuliana, S. (2019). Kemandirian anak dalam konteks interaksi sosial di lingkungan prasekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(3), 221-234. https://doi.org/10.5678/jppp.v8i3.3456

Taufik, N., & Dewi, N. (2022). Implementasi pendekatan berbasis kemandirian dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Kajian Pendidikan, 15(4), 289-302. https://doi.org/10.2345/jkp.v15i4.1234

Utami, T.W.P., Nasirun, M. & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4 (2), 151-160. http://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia.

Widodo, S., & Lestari, I. (2023). Peran lingkungan keluarga dalam mendukung kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak, 14(2), 177-190. https://doi.org/10.5678/jppa.v14i2.4567

Zulkhaidir, Z.M. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian Bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Dawatuna: Jurnal of Communiction And Islamic Broadcasting, 1 (2), 128-141. 10.47476/Dawatuna.Vii1.562

Downloads

Published

2022-10-25