Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Fitria Tri Hartatik STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
  • Siska Pratiwi STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6277

Keywords:

model problem based learning, pemahaman belajar, kemandirian belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajar  siswa kelas IV UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yaitu one group pretest-post-test design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV B sejumlah 22 siswa secara keseluruhan. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu soal pemahaman belajar sedangkan instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar. Untuk mengetahui instrumen tersebut bernilai valid dan reliabel menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test. Perolehan nilai sig uji paired sampel T-test yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajar IPA.

References

Aprila, B., & Fajar, A. A. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Dan Hubungannya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 1), 15–29. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5408

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Erita, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303

Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Octaviana, dila rukmi, & Ramadhani, reza aditya. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama Dila. Jurnal Tawadhu, 2(2), 143–159.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sakila, R., Lubis, N. faridah, Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age,å L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wahyudin Nur Nasution. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution. Ittihad, 1(2), 185–195.

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020a). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Hartatik, F. T., & Pratiwi, S. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman dan Kemandirian Belajar Siswa . Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 28–38. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6277

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.