Menganalisa Pemanfaatan Sumber Belajar dan Materi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6925Keywords:
materi ajar, pembelajaran ips, sumber belajarAbstract
Pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran di kelas. Oleh karenanya guru perlu memanfaatkan secara maksimal sumber belajar dan materi ajar agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar dalam pembelajaran IPS di SDN 1 Karangmalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5 dan 6 dan peserta didik kelas 5 dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar dan materi ajar IPS di sekolah berupa buku pegangan siswa dan guru dari segi isi dan materi masih sangat bersifat umum. Diperlukan sumber belajar lain agar bisa mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran IPS. Beberapa guru sudah memanfaatkan sumber belajar digital dan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian berikutnya yang berfokus pada pengembangan sumber belajar dan materi ajar di sekolah dasar khususnya di SDN 1 Karangmalang.
References
Amaliyah, N., Fauziah, S. N., Kusuma, S. A., & Fatimah, F. (2024). Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), 26–31. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i1.9794
Amelia, D. P., Luthfia, R. A., Hamid, S. I., & Dewi, D. A. (2021). Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5624–5630.
Amris, W. S., Akhyar, F., & Haenilah, E. Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Universitas Lampung.
Dewi, S., Tukidi, & Nisa, A. N. S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Ips Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 29 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30456
Kemendikbud. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika.
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi (Edisi Revisi). Refika Aditama.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nadila, S. A. (2021). ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MELALUI APLIKASI TOOLS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 265 JAKARTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Nashrullah. (2022). Pembelajaran Ips (Teori Dan Praktik). CV. El Publisher.
Parni. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96.
Pratiwi, N. M. W., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pemanfaatan Sumber Belajar Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Memperkuat Identitas Nasional. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(9), 2908–2912. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i9.2796
Riyadi, R., & Ningsih, T. (2024). Implikasi Media Interactive Flat Panel Display (IFPD) terhadap Proses Belajar IPS bagi Siswa Madrasah. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(3), 329–341.
Sari, K., & Ningsih, T. (2025). Analisis Pemanfaatan Media Kitemlar dan SmarTV dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di Kelas 6 SDN 2 Sokawera. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 1221–1226.
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Syafruddin, S., Qahairatul, M., Rabiah, N., Ayuspita, E., & Nursakinah, N. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran IPS untuk Kelas Awal dan Kelas Lanjut dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 5(6), 1900–1907. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i6.1186
Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198.
Yudiana, I. K. E., Esaputra, I. N. T., & Sujana, I. W. (2024). Pendidikan IPS SD Kurikulum Merdeka Belajar. Widina Media Utama.
Zahra Zafira, D., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Digital Sebagai Strategi Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 59–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Inayatul Mardhiyah Indah Sulistiyani, Tutuk Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)