Menganalisa Pemanfaatan Sumber Belajar dan Materi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Inayatul Mardhiyah Indah Sulistiyani Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Tutuk Ningsih Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6925

Keywords:

materi ajar, pembelajaran ips, sumber belajar

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran di kelas. Oleh karenanya guru perlu memanfaatkan secara maksimal sumber belajar dan materi ajar agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar dan materi ajar dalam pembelajaran IPS di SDN 1 Karangmalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5 dan 6 dan peserta didik kelas 5 dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar dan materi ajar IPS di sekolah berupa buku pegangan siswa dan guru dari segi isi dan materi masih sangat bersifat umum. Diperlukan sumber belajar lain agar bisa mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran IPS. Beberapa guru sudah memanfaatkan sumber belajar digital dan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian berikutnya yang berfokus pada pengembangan sumber belajar dan materi ajar di sekolah dasar khususnya di SDN 1 Karangmalang.

References

Amaliyah, N., Fauziah, S. N., Kusuma, S. A., & Fatimah, F. (2024). Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), 26–31. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i1.9794

Amelia, D. P., Luthfia, R. A., Hamid, S. I., & Dewi, D. A. (2021). Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5624–5630.

Amris, W. S., Akhyar, F., & Haenilah, E. Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Universitas Lampung.

Dewi, S., Tukidi, & Nisa, A. N. S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Ips Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 29 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30456

Kemendikbud. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi (Edisi Revisi). Refika Aditama.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nadila, S. A. (2021). ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MELALUI APLIKASI TOOLS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 265 JAKARTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Nashrullah. (2022). Pembelajaran Ips (Teori Dan Praktik). CV. El Publisher.

Parni. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96.

Pratiwi, N. M. W., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pemanfaatan Sumber Belajar Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Memperkuat Identitas Nasional. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(9), 2908–2912. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i9.2796

Riyadi, R., & Ningsih, T. (2024). Implikasi Media Interactive Flat Panel Display (IFPD) terhadap Proses Belajar IPS bagi Siswa Madrasah. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(3), 329–341.

Sari, K., & Ningsih, T. (2025). Analisis Pemanfaatan Media Kitemlar dan SmarTV dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di Kelas 6 SDN 2 Sokawera. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 1221–1226.

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Syafruddin, S., Qahairatul, M., Rabiah, N., Ayuspita, E., & Nursakinah, N. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran IPS untuk Kelas Awal dan Kelas Lanjut dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 5(6), 1900–1907. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i6.1186

Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198.

Yudiana, I. K. E., Esaputra, I. N. T., & Sujana, I. W. (2024). Pendidikan IPS SD Kurikulum Merdeka Belajar. Widina Media Utama.

Zahra Zafira, D., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Digital Sebagai Strategi Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 59–63.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Sulistiyani, I. M. I., & Ningsih, T. (2025). Menganalisa Pemanfaatan Sumber Belajar dan Materi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 440–453. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6925

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.