Menumbuhkan Literasi Digital Melalui Inovasi Pembelajaran berbasis YouTube di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7941Keywords:
literasi digital, inovasi pembelajaran, youtube, sekolah dasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah guna mendapati usaha pengajar untuk menumbuhkan literasi digital melalui pengembangan pembelajaran berbasis YouTube di SD serta guna mendapati unsur-unsur yang memengaruhi upaya guru untuk menumbuhkan literasi digital melalui pengembangan pembelajaran berbasis YouTube di SD. Penelitian tersebut mamakai pendekatan kualitatif deskriptif. Narasumber pada penelitiannya yakni pengajar wali kelas 3A. Mengenai cara penghimpunan data yang dipakai pada penelitiannya yakni pengamatan, tanyajawab serta dokumentasi. Mengenai cara Analisa data yang dipakau yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. Temuan penelitiannya upaya yang dilakukan guru: (1) pengajar memakai teknologi digital atas proses pengajaran; (2) guru menyiapkan sarana yang diperlukan atas aktivitas menumbuhkan literasi digital; dan (3) guru memakai teknologi digital jadi sarana pengajaran. Adapun faktor yang mempengaruhi, faktor pendukungnya adalah adanya sarana serta prasarana yang tersedia melalui utuh laptop, kabel, proyektor, sound. Sedangkan faktor penghambatnya yakni minim tersedianya jaringan internet ataupun wifi atas pihak sekolah, waktu penjelasan materi yang lumayan lama sehingga menimbulkan rasa bosan pada siswa.
References
Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Aflahah & Mufidatul H. R. (2023). Upaya Pengenalan Literasi Digital Melalui Aplikasi Youtube Pada Siswa Kelas IV Di Sdn Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 136–149. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8181
Aini, D. N., Abdulkarim, A., Sapriya, & Rahmat. (2025). Effectiveness of Digital Literacy Learning Model with Video Content Project In Enhancing Sustainable (SDG) Civic Intelligence. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(1), e02616–e02616. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe02616
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2).
Anastasya, F. L., Afandi, M., Aquami, A., Handayani, T., & Nurlaeli, N. (2022). Utilization Of Youtube Video As A Thematic Learning Media In Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.19109/jip.v8i1.12245
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & dkk. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character education Socirty), Vol. 3. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Askara.
Khoiri, A., Mastiah, M., & Mardiana, M. (2022). Literasi Digital Bagi Guru Dan Calon Guru Sekolah Dasar Sebagai Penunjang Pembelajaran Dan Penelitian. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 87–94. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i2.836
King Anugrah Wiguna. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital pada Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2316
Kriswinahyu, A. D., & Kastuhandani, F. C. (2024). Students’ Lived Experiences Practicing Digital Literacy Using Youtube As An English Learning Tool. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 4(4). https://doi.org/10.59672/ijed.v4i4.3314
Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Edition 3). Sage.
Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912
Pambudi, M. A. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. 10.
Pangestu, R. F., Alfatikhah, S. N., & Rachman, I. F. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Mahasiswa Dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 1(4).
Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. 9(2).
Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980
Purnawanto, A. T. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17.
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Sari, S., Friska Amanda, A., & Wulandari, Y. (2022). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22873
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Cet 2). Alfabeta.
Susena, P. R. A. (2022). Pemanfaatan Video (Youtube) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Fokus Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. 4.
Ulandari, R. (2021). Youtube Sebegai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 19.
Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251
Yusuf, Azizah, N. L., Suci, T. P., & Walida, S. E. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Canva Pada Calon Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(2), 101–108. https://doi.org/10.61674/jpkmbi.v1i2.154
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Lutfiah Isfa Hayati, Intan Andriani Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)