Permainan Tradisional sebagai Praktik Pendidikan dan Kebudayaan dalam Proses Sosialisasi Anak di Masyarakat Pedesaa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8480Keywords:
permainan tradisional, praktik pendidikan, kebudayaan, sosialisasi anak, masyarakat pedesaanAbstract
Permainan tradisional merupakan praktik budaya yang dekat dengan anak-anak di masyarakat pedesaan. Permainan tradisional tidak hanya sebagai hiburan namun juga memiliki nilai budaya seperti nilai gotong royong, kerjasama, disiplin, kebersamaan, sportivitas, toleransi, empati, dan nilai pendidikan dilihat dari aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran permainan tradisional sebagai nilai budaya dan pendidikan sebagai praktik sosialisasi anak di masyarakat pedesaan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik dokumentasi dan dianalisis melalui reduksi, data display, dan triangulais data. Hasil temuan menunjukkan jika permainan tradisional dapat menjadi ruang belajar sosialisasi anak dengan perasaan gembira dan tanpa menggurui. Anak-anak melakukan interaksi sosial, komunikasi, internalisasi nilai budaya dan pendidikan. Meskipun tantangan modernisasi dan teknologi hadir sehingga dibutuhkan upaya revitalisasi dari stake holder pendidikan, pemerintah, dan masyarakat agar permainan tradisional tetap dapat berkontribusi terhadap kemampuan sosial anak dan nilai budaya toleransi, gotong royong, disiplin, empati, jujur, dan menghargai tetap dapat diwariskan sebagai karakter bangsa Indonesia.
References
Afifah, F. (2022). Air Menurut Konsep Al-Qur’an dan Sains Medika. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4(1), 163–169. https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kiiis/article/view/3212
Agustin, D. N., Nurharini, F., & Hasan, L. M. U. (2023). Pernikahan Anak Usia Dini dan Konstruksi Identitas Gender: Analisis Teori Peter L. Berger (Studi di Desa Pandansari Poncokusumo Kabupaten Malang). RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v5i2.404
Agustriani, L., Verdha, L., Fajar, M., Inshi, M., Farihin, M., Salman, M., Rama, M., Shofia, N., Silvia, N., Fathurrahman, N., & Herdiana, D. (2022). Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim kepada Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 150–158. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/4765
Alim, M. S. (2023). Efek Game Online terhadap Perilaku Remaja di Desa Bonde Kecamatan Campalagian. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene.
Amelia, E. (2024). Perbandingan Dampak Antara Permainan Tradisional dan Game Digital Pada Film Upin & Ipin : Analisis Teori Rekreasi : Morizt Lazarus. 8(November), 145–149.
Asih, S. W., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 150–160. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10604
Baihaqi, A. (2024). Akhir Hidup Pelajar di Blitar gegara Kecanduan Game Online. In detikjatim. https://www.detik.com/jatim/berita/d-7393246/akhir-hidup-pelajar-di-blitar-gegara-kecanduan-game-online
Basuni Firdaus Abas, & Ningsih Tutuk. (2025). Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Peran Media Sosial dalam Transformasi Proses Pembelajaran dan Interaksi Sosial pada Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 176–187. https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/index
Chaer, M. T., & Octofrezi, P. (2021). Perkembangan Sosial dan Kemampuan Sosialisasi Anak Pada Lingkungan Sekitar. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.52185/kariman.v9i1.160
Dewey, J. (1916). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. Macmillan.
Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial:Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.101
Hariwiyanti, N., & Ruja, I. N. (2022). Analisis Proses Eksternalisasi, Objektivasi, Internalisasi Dan Makna Simbolik Upacara Adat Karo Suku Tengger. ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial Dan Budaya, 11(2), 181–192. https://doi.org/10.33772/etnoreflika.v11i2.1435
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963
Hilangnya Permainan Tradisional oleh Era Digital. (2025, September). Pesisirselatankab.Go.Id. Retriefed from: https://pesisirselatankab.go.id/rberita/detail/hilangnya-permainan-tradisional-oleh-era-digital-tanggal 11 Desember 2025
Hutomo, L., & Kurniawan, W. R. (2025). Peran Permainan Tradisional Sebagai Media Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 228–239. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23723
Ira, I., Hendriana, E. C., & Mertika, M. (2024). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Congklak Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.24256/pijies.v7i1.4813
Izza Afkarina, & Sugeng Pradikto. (2025). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Anak di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 140–148. https://doi.org/10.61132/semantik.v3i1.1377
Izzah, F. U., Sari, T. M., Saputra, I. W., & Afandi, M. (2024). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(2), 171–179. https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.771
Maquet, J. J. (1964). Objectivity in Anthropilogy. Current Anthropology, 5(1), 47–55. https://doi.org/10.1086/200442
Megawati, R., & Ningsih, T. (2020). Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Kependidikan, 8(2), 249–263. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5580
Milla, N. S., Palupi, Y. S., & Fitriana, A. Q. Z. (2025). Pencarian Identitas Sosial: Studi Kasus Anak Individualis yang Gaya Hidupnya Berubah Negatif demi Penerimaan Sosial di Lingkup Kampus. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(04), 631–638. https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/jpim/article/view/363
Muliadi, E., & Asyari, A. (2024). Menggali Kearifan Lokal: Pendidikan Nilai Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 129–140. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1922
Nasution, S. H., Sitorus, F. A., & Siregar, H. W. (2023). Perkembangan Masyarakat Indonesia Tradisional,transisi, Modern Pedesaan Dan Perkotaan. AMI: JUrnal Pendidikan dan Riset, 1(1), 47–53. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/article/view/2874
Ningsih, T. (2020). Sosiologi Pendidikan (1st ed.). CV Rizquna.
Permainan Tradisional Indonesia: Sejarah, Daftar, dan Nilai-Nilainya. (2025, September) UNESCO.OR.ID. Retrieved form: https://unesco.or.id/informasi-umum/permainan-tradisional-indonesia/tannggal 06 Desember 2025
Rachman, F., Ramadhan, Z. F., Armanjaya, S., Gumantan, A., Yuliandra, R., & Rifqi, M. (2023). Pelestarian Olahraga Tradisional Melalui Festival Permainan Tradisional Se-Kota Bandar Lampung. PROFICIO, 4(2), 157–163. https://doi.org/10.36728/jpf.v4i2.2687
Ratnasari, D., & Mareza, L. (2025). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Literasi Budaya Siswa melalui Pembelajaran Budaya Banyumasan SD N 1 Karanganyar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 8(3), 515–528. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/107269/51001
Rizqi, M. (2023). Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 233–239. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.7304
Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Permainan Tradisional Suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 63–76.
Sari, J. A., & Diana, B. A. (2024). Dampak Transformasi Digitalisasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 9(2), 88–96. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i2.3896
Sava, I. B., & Harianto, S. (2024). Esensi Budaya Permainan Tradisional pada Anak-Anak di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 765–772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6030
Sayuti, U., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penguatan Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMAN 1 Padang Panjang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11133–11145. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1712
Sellyna, D. (2025). Kualitas Fungsi Estetika Taman Indonesia Kaya sebagai Ruang Terbuka Publik di Pusat Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhendro, E. (Universitas I. N. S. K. (2024). Analisis Komparatif Teori Permainan : Johan Huizinga ,. Annual Conference on Islamic Early Chilldhood Education (ACIECE), 8(November), 231–241. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/1696
Supiyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Valencia Ozelin, A., Femmy, T., & Nicolaas, K. (2022). Budaya Palose MasyarakatPetani diKelurahanAngges, Kecamatan Tahuna BaratKabupaten Kepulauan Sangihe. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–11.
Vygotsky, L. S. (1978a). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Vygotsky, L. S. (1978b). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496
Wismawati, A. F., Kamila, A. D., Febrianti, P. A., & Fitriyah, R. (2023). Transformasi Budaya Permainan Tradisional Ke Game Online Pada Remaja Di Desa Wonosari Kabupaten Jember. 1(1).
Yulita, R. (2017a). Permainan tradisional anak Nusantara. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yulita, R. (2017b). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Yuniawatika, Atoillah, M., & Febrianti, W. A. N. (2023). Inovasi Media English Fun Learning Melalui Permainan Ular Tangga untuk Siswa SDN 01 Jambesari. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2). https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11242
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Penelitian Gabungan (4th ed.). PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aulia Himmawati, Tutuk Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the