Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8672Keywords:
media komik, motivasi belajar, hasil belajar, matematika, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi sejauh mana pemanfaatan media komik mampu memengaruhi motivasi belajar, hasil belajar, serta pengaruh keduanya secara bersamaan pada siswa kelas V dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan desain quasi experiment tipe Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen (n = 34) dan kelas kontrol (n = 30). Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar diberikan pada tahap pretest maupun posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent-samples t-test untuk menilai pengaruh parsial, sedangkan MANOVA digunakan untuk menilai pengaruh simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, ditandai dengan nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Secara bersamaan, media komik juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kedua variabel tersebut.
References
Anita, anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. Jurnal Dzurriyat Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.45
Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025
Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.
Fernando, yogi, Andriani, popi, & Syam, H. (2024). The importance of learning motivation in improving student learning outcomes. Alfihris : Journal of Educational Inspiration, 2(3), 61–68.
Hidayat, R., & Kurniawati, D. (2022). Tantangan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 115–124.
Juita, D. P., Priya, P., Azwardi, M., & Amra, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068–3077. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1243
Mayasari, N., & Alimuddin, J. (2023). Motivasi belajar siswa. CV Rizquna.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
https://doi.org/10.1017/9781316941355
OECD (2023). PISA 2022 Results Country Notes: Indonesia.
Pagarra, H. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Orion Press.
Prasetyo, A. (2023). Pengaruh media visual naratif terhadap atensi dan keterlibatan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Media Pembelajaran, 8(1), 45–56.
Putri, N, A. (2025). Pengaruh Media E-Komik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas 5A Di SD Inpres BTN IKIP I. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 327–331. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27896
Sari, N., & Hidayah, L. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar dan faktor penyebabnya. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 115–124.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Cv.
Uno, H. B. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Waluyanto, H. D. (2005). Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran. Nirmana, 7(1), 45–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Tetty Barokah, Muhammad Sofwan, Hendra Budiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the