Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Tetty Barokah Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia
  • Hendra Budiono Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8672

Keywords:

media komik, motivasi belajar, hasil belajar, matematika, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi sejauh mana pemanfaatan media komik mampu memengaruhi motivasi belajar, hasil belajar, serta pengaruh keduanya secara bersamaan pada siswa kelas V dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan desain quasi experiment tipe Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen (n = 34) dan kelas kontrol (n = 30). Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar diberikan pada tahap pretest maupun posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent-samples t-test untuk menilai pengaruh parsial, sedangkan MANOVA digunakan untuk menilai pengaruh simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, ditandai dengan nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Secara bersamaan, media komik juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kedua variabel tersebut.

References

Anita, anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. Jurnal Dzurriyat Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.45

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.

Fernando, yogi, Andriani, popi, & Syam, H. (2024). The importance of learning motivation in improving student learning outcomes. Alfihris : Journal of Educational Inspiration, 2(3), 61–68.

Hidayat, R., & Kurniawati, D. (2022). Tantangan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 115–124.

Juita, D. P., Priya, P., Azwardi, M., & Amra, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068–3077. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1243

Mayasari, N., & Alimuddin, J. (2023). Motivasi belajar siswa. CV Rizquna.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

https://doi.org/10.1017/9781316941355

OECD (2023). PISA 2022 Results Country Notes: Indonesia.

Pagarra, H. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Orion Press.

Prasetyo, A. (2023). Pengaruh media visual naratif terhadap atensi dan keterlibatan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Media Pembelajaran, 8(1), 45–56.

Putri, N, A. (2025). Pengaruh Media E-Komik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas 5A Di SD Inpres BTN IKIP I. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 327–331. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27896

Sari, N., & Hidayah, L. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar dan faktor penyebabnya. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 115–124.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Cv.

Uno, H. B. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran. Nirmana, 7(1), 45–55.

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Barokah, T., Sofwan, M., & Budiono, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1107–1120. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8672

Citation Check

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.