Peran Komunitas Belajar Guru dalam Mendukung Inovasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar

Authors

  • Fadhilla Rahman Universitas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8728

Keywords:

komunitas belajar guru, inovasi digital, platform pembelajaran digital, sekolah dasar

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut sekolah dasar untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis platform digital, namun keterbatasan kompetensi guru dan pendampingan profesional masih menjadi kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunitas belajar guru dalam mendukung inovasi platform pembelajaran digital di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di SDN 13/I Muara Bulian, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, ketua komunitas belajar guru, dan guru-guru yang terlibat aktif dalam komunitas belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas belajar guru berperan sebagai sarana pengembangan kompetensi profesional guru, media difusi dan pendampingan inovasi pembelajaran digital, serta penguat kolaborasi dan keberlanjutan praktik pembelajaran berbasis teknologi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan optimalisasi komunitas belajar guru intra-sekolah sebagai strategi berkelanjutan dalam mendukung transformasi pembelajaran digital di sekolah dasar.

References

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

https://doi.org/10.2307/249008

Dwi, A. P., Suryadi, A., & Wahyuni, S. (2023). Tantangan guru sekolah dasar dalam implementasi pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 134–145. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdi

Kalman, K., Muhammadiah, M., & Hasbi, M. (2024). Implementasi Komunitas Belajar Dalam Peningkatan Kompetensi Guru UPTD Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Mamuju Tengah. Bosowa Journal of Education, 5(1), 137–143. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5278

Kemendikbudristek. (2022). Transformasi digital pendidikan dasar dan menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

https://www.kemdikbud.go.id

OECD. (2021). 21st-century readers: Developing literacy skills in a digital world. OECD Publishing.

https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en

Prasetyo, Z. K., Widodo, A., & Suryadi, A. (2024). Dukungan kepemimpinan sekolah dalam penerapan pembelajaran digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 66–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmp

Rahmani, F. (2024). Peran komunitas belajar guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 45–56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jipgsd

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

https://books.google.com/books?id=9U1K5LjUOwEC

Sari, R., & Rahayu, S. (2022). Literasi digital guru sekolah dasar dalam pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(6), 1032–1040. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp

Sari, S. P., Rahmawati, D., & Nugroho, A. (2024). Pendampingan sejawat dalam komunitas belajar guru untuk mendukung pembelajaran digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 21–32.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipd

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2023). Technology acceptance and teachers’ digital competence: A systematic review. Computers & Education, 190, 104601.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104601

Teo, T., Zhou, M., Fan, A. C. W., & Huang, F. (2022). Factors that influence teachers’ acceptance of digital technology. Educational Technology Research and Development, 70(1), 293–315.

https://doi.org/10.1007/s11423-021-10072-6

Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2023). A review of research on the impact of professional learning communities on teaching practice and student learning. Teaching and Teacher Education, 121, 103935.

https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103935

Winarsih, T., Supriyanto, A., & Kusumaningrum, D. E. (2022). Komunitas belajar guru sebagai strategi peningkatan kompetensi profesional. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 265–274.

https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Rahman, F., Hariandi, A., & Putri, A. G. E. (2025). Peran Komunitas Belajar Guru dalam Mendukung Inovasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1163–1176. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8728

Citation Check

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.