Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran berbasis Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8777Keywords:
keterlibatan siswa, platform pembelajaran digital, sekolah dasarAbstract
Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan menuntut guru mengintegrasikan platform interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk keterlibatan siswa pada dimensi perilaku, emosional, dan kognitif dalam pembelajaran yang memanfaatkan platform digital di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang melibatkan guru dan siswa kelas IVa SD Negeri 13/I Muara Bulian sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan/verifikasi kesimpulan secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi media digital seperti Canva, Wordwall, QR Code, dan Quizizz mampu meningkatkan keterlibatan perilaku melalui keaktifan, perhatian, dan penyelesaian tugas; memperkuat keterlibatan emosional melalui antusiasme, kenyamanan, dan ketertarikan siswa; serta mendorong keterlibatan kognitif meskipun masih bersifat situasional dan bergantung pada arahan guru. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar guru merancang aktivitas digital yang lebih menstimulasi eksplorasi mandiri dan pemikiran tingkat tinggi, serta penelitian selanjutnya melibatkan sampel yang lebih luas agar gambaran keterlibatan siswa dalam pembelajaran digital dapat diperoleh secara lebih komprehensif.
References
Baroroh, A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4). https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1952
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149
Fikrie, & Ariani, L. (2021). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, April, 103–110.
Ikhtarotul Bariyah, & Pierewan, A. C. (2022). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i1.9076
Kristiana, I. F., Prihatsanti, U., Simanjuntak, E., & Widayanti, C. G. (2023). Online Student Engagement: The Overview of HE in Indonesia. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 24(3), 34–53. https://doi.org/10.19173/irrodl.v24i3.7125
Malay, I., Tania, C., & Ardiansyah, F. R. (2025). Dampak Penerapan Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan Sekolah dan Universitas The Impact of Technology Implementation in Enhancing Learning Effectiveness in School and University Education Environments. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 14–29. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.651
Nadifah, & Furqan, M. (2023). Impact of Digital Learning Tools on Student Performance in Kenya. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 2(2). https://doi.org/10.47604/ajep.2521
Naibert, N., & Barbera, J. (2022). Investigating Student Engagement in General Chemistry Active Learning Activities using the Activity Engagement Survey (AcES). Journal of Chemical Education, 99(7), 2620–2629. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00276
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Puspitoningrum, E., Nurnoviyati, I., & Suhartono, S. (2024). Dampak Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar: Studi Kasus pada Efektivitas Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 970. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3635
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia Tinjauan Dampak Terkini Gerakan Merdeka Belajar. In Oliver Wyman. https://static.skm.kemdikbud.go.id/announcements/28942fb9-334d-4fb5-9ce2-56f7ddce4d48-Indonesias-K-12-Education-Quality-Improvement-Bahasa-05122023.pdf
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.
Zamjani, I., Rakhmah W, D. N., Azizah, S. N., Waruwu, H., & Hariyanti, E. (2020). Platform Pembelajaran Digital. http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/22267
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Adinda Farazwati, Ahmad Hariandi, Risdalina Risdalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the