Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran berbasis Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar

Authors

  • Adinda Farazwati Universitas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Risdalina Risdalina Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8777

Keywords:

keterlibatan siswa, platform pembelajaran digital, sekolah dasar

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan menuntut guru mengintegrasikan platform interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk keterlibatan siswa pada dimensi perilaku, emosional, dan kognitif dalam pembelajaran yang memanfaatkan platform digital di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang melibatkan guru dan siswa kelas IVa SD Negeri 13/I Muara Bulian sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan/verifikasi kesimpulan secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi media digital seperti Canva, Wordwall, QR Code, dan Quizizz mampu meningkatkan keterlibatan perilaku melalui keaktifan, perhatian, dan penyelesaian tugas; memperkuat keterlibatan emosional melalui antusiasme, kenyamanan, dan ketertarikan siswa; serta mendorong keterlibatan kognitif meskipun masih bersifat situasional dan bergantung pada arahan guru. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar guru merancang aktivitas digital yang lebih menstimulasi eksplorasi mandiri dan pemikiran tingkat tinggi, serta penelitian selanjutnya melibatkan sampel yang lebih luas agar gambaran keterlibatan siswa dalam pembelajaran digital dapat diperoleh secara lebih komprehensif.

References

Baroroh, A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4). https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1952

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Fikrie, & Ariani, L. (2021). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, April, 103–110.

Ikhtarotul Bariyah, & Pierewan, A. C. (2022). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i1.9076

Kristiana, I. F., Prihatsanti, U., Simanjuntak, E., & Widayanti, C. G. (2023). Online Student Engagement: The Overview of HE in Indonesia. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 24(3), 34–53. https://doi.org/10.19173/irrodl.v24i3.7125

Malay, I., Tania, C., & Ardiansyah, F. R. (2025). Dampak Penerapan Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan Sekolah dan Universitas The Impact of Technology Implementation in Enhancing Learning Effectiveness in School and University Education Environments. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 14–29. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.651

Nadifah, & Furqan, M. (2023). Impact of Digital Learning Tools on Student Performance in Kenya. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 2(2). https://doi.org/10.47604/ajep.2521

Naibert, N., & Barbera, J. (2022). Investigating Student Engagement in General Chemistry Active Learning Activities using the Activity Engagement Survey (AcES). Journal of Chemical Education, 99(7), 2620–2629. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00276

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Puspitoningrum, E., Nurnoviyati, I., & Suhartono, S. (2024). Dampak Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar: Studi Kasus pada Efektivitas Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 970. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3635

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia Tinjauan Dampak Terkini Gerakan Merdeka Belajar. In Oliver Wyman. https://static.skm.kemdikbud.go.id/announcements/28942fb9-334d-4fb5-9ce2-56f7ddce4d48-Indonesias-K-12-Education-Quality-Improvement-Bahasa-05122023.pdf

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.

Zamjani, I., Rakhmah W, D. N., Azizah, S. N., Waruwu, H., & Hariyanti, E. (2020). Platform Pembelajaran Digital. http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/22267

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Farazwati, A., Hariandi, A., & Risdalina, R. (2025). Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran berbasis Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1093–1106. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8777

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.