Strategi Manajemen Perubahan Guru dalam Optimalisasi Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8836Keywords:
manajemen perubahan, guru sekolah dasar, platform pembelajaran digital, transformasi digital, strategi pembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan transformasi digital dalam pembelajaran sekolah dasar yang belum diimbangi dengan perencanaan dan pengelolaan perubahan secara sistematis oleh guru. Guru sebagai agen perubahan masih menghadapi keterbatasan dalam perencanaan, pengembangan kompetensi, serta pemanfaatan platform pembelajaran digital secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen perubahan guru dalam mengoptimalkan penggunaan platform pembelajaran digital di SD Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model analisis studi kasus menurut Yin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penggunaan platform pembelajaran digital belum terintegrasi dalam kebijakan sekolah dan masih bersifat individual, bergantung pada inisiatif guru, kesiapan siswa, serta ketersediaan perangkat. Pengembangan kompetensi guru juga belum terstruktur, karena pelatihan digital bersifat insidental dan belum menjadi fokus utama dalam kegiatan komunitas belajar. Pemanfaatan platform digital lebih didasarkan pada persepsi kemanfaatan dan kemudahan penggunaan, sehingga variasi penggunaan antar kelas cukup signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa sekolah masih berada pada tahap awal perubahan (unfreezing), di mana kesadaran akan pentingnya teknologi sudah terbentuk, namun belum didukung oleh visi, strategi, dan kebijakan perubahan yang jelas. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan perlunya penguatan kebijakan sekolah, perencanaan strategis, serta pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan agar transformasi digital pembelajaran dapat berjalan efektif dan berkelanjutan di sekolah dasar.
References
Apriansyah, D., Awaludin, D. T., Cikka, H., Tarakan, B., Nasional, U., Lamongan, K., Interaktif, P., Digital, M., Dasar, S., & Merdeka, K. (2025). Transformasi Pembelajaran Interaktif : Pelatihan Media Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Era Kurikulum Merdeka. 2(2), 121–126. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/50
Apriliya, S., Saputra, E. R., Alia, D., & Lina, A. T. (2025). Penguatan kompetensi penggunan media digital untuk guru SILN sebagai penguatan pembelajaran literasi di sekolah dasar. 6(10), 1233–1247. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i4.24161
Aulia, D. ., Murni, I. ., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Dewi, W. H., & Lazwardi, D. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Era Digital. 1. https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.239
Falasifah, F., Yadi, N., & Halimah, L. (2025). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Digital Untuk Sekolah Dasar 1. 12(1), 229–240. https://doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16817
Irhamni, H., & Ashari, M. K. (2023). Digital Platform-Based Learning Innovation in Elementary Schools in The Industry 4.0 Era: Systematic Literature Review. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 945–958. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3327
Kusumawati, E. (2024). Membangun Komunitas Belajar Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Partisipatif oleh Kepala Sekolah Transformasional. 7, 267–273.
Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.83127
Nor, Akhmad ; Ramli, A. B. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/36822/19158
Nurnoviyati, I. (2024). Dampak Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar : Studi Kasus Pada Efektivitas Penggunaan Platform Pembelajaran Digital Di Sekolah Dasar Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri Ikhda Nurnoviyati Institut Agama Islam Bakti. 8(3), 970–979. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3635
Sari, D. N., Hasanah, M., & Faisal, A. N. (2025). Urgensi Penguasaan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran di Abad 21. 4, 1–8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1917
Siburian, S. N. R., & Mahmud, Y. S. (2022). Primary School Teacher’s Perception of Game-Based Learning in Online Learning: the Advantages and Challenges. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(2), 116. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i2.8694
Susanto. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Tawangharjo : Kendala dan Solusi untuk Meningkatkan Kualitas SDM Guru. 1(2), 1–9. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i2.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jihan Maharani, Ahmad Hariandi, Andi Gusmaulia Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the