Strategi Manajemen Perubahan Guru dalam Optimalisasi Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar

Authors

  • Jihan Maharani Universtas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8836

Keywords:

manajemen perubahan, guru sekolah dasar, platform pembelajaran digital, transformasi digital, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan transformasi digital dalam pembelajaran sekolah dasar yang belum diimbangi dengan perencanaan dan pengelolaan perubahan secara sistematis oleh guru. Guru sebagai agen perubahan masih menghadapi keterbatasan dalam perencanaan, pengembangan kompetensi, serta pemanfaatan platform pembelajaran digital secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen perubahan guru dalam mengoptimalkan penggunaan platform pembelajaran digital di SD Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model analisis studi kasus menurut Yin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penggunaan platform pembelajaran digital belum terintegrasi dalam kebijakan sekolah dan masih bersifat individual, bergantung pada inisiatif guru, kesiapan siswa, serta ketersediaan perangkat. Pengembangan kompetensi guru juga belum terstruktur, karena pelatihan digital bersifat insidental dan belum menjadi fokus utama dalam kegiatan komunitas belajar. Pemanfaatan platform digital lebih didasarkan pada persepsi kemanfaatan dan kemudahan penggunaan, sehingga variasi penggunaan antar kelas cukup signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa sekolah masih berada pada tahap awal perubahan (unfreezing), di mana kesadaran akan pentingnya teknologi sudah terbentuk, namun belum didukung oleh visi, strategi, dan kebijakan perubahan yang jelas. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan perlunya penguatan kebijakan sekolah, perencanaan strategis, serta pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan agar transformasi digital pembelajaran dapat berjalan efektif dan berkelanjutan di sekolah dasar.

References

Apriansyah, D., Awaludin, D. T., Cikka, H., Tarakan, B., Nasional, U., Lamongan, K., Interaktif, P., Digital, M., Dasar, S., & Merdeka, K. (2025). Transformasi Pembelajaran Interaktif : Pelatihan Media Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Era Kurikulum Merdeka. 2(2), 121–126. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/50

Apriliya, S., Saputra, E. R., Alia, D., & Lina, A. T. (2025). Penguatan kompetensi penggunan media digital untuk guru SILN sebagai penguatan pembelajaran literasi di sekolah dasar. 6(10), 1233–1247. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i4.24161

Aulia, D. ., Murni, I. ., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310

Dewi, W. H., & Lazwardi, D. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Era Digital. 1. https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.239

Falasifah, F., Yadi, N., & Halimah, L. (2025). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Digital Untuk Sekolah Dasar 1. 12(1), 229–240. https://doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16817

Irhamni, H., & Ashari, M. K. (2023). Digital Platform-Based Learning Innovation in Elementary Schools in The Industry 4.0 Era: Systematic Literature Review. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 945–958. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3327

Kusumawati, E. (2024). Membangun Komunitas Belajar Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Partisipatif oleh Kepala Sekolah Transformasional. 7, 267–273.

Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.83127

Nor, Akhmad ; Ramli, A. B. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/36822/19158

Nurnoviyati, I. (2024). Dampak Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar : Studi Kasus Pada Efektivitas Penggunaan Platform Pembelajaran Digital Di Sekolah Dasar Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri Ikhda Nurnoviyati Institut Agama Islam Bakti. 8(3), 970–979. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3635

Sari, D. N., Hasanah, M., & Faisal, A. N. (2025). Urgensi Penguasaan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran di Abad 21. 4, 1–8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1917

Siburian, S. N. R., & Mahmud, Y. S. (2022). Primary School Teacher’s Perception of Game-Based Learning in Online Learning: the Advantages and Challenges. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(2), 116. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i2.8694

Susanto. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Tawangharjo : Kendala dan Solusi untuk Meningkatkan Kualitas SDM Guru. 1(2), 1–9. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i2.1

Downloads

Published

2025-12-24

How to Cite

Maharani, J., Hariandi, A., & Putri, A. G. E. (2025). Strategi Manajemen Perubahan Guru dalam Optimalisasi Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1195–1213. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8836

Citation Check

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 

You may also start an advanced similarity search for this article.