Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6392Keywords:
media pembelajaran, kooperatif, picture and pictureAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 169 Pekanbaru, dengan kelas V C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran picture and picture, dan kelas V D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi ekosistem. Model pembelajaran picture and picture terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas V.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Amalia, M. (2022). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 1–6.
Anshari, M. I., Nasution, R., Irsyad, M., Alifa, A. Z., & Zuhriyah, I. A. (2024). Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran PAI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 964–975. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5931
Cunia, C., Sutisna, R. H., Setiawati, T., Info, A., Komunikasi, K., Setiawati, T., Guru, P., Dasar, S., Sebelas, U., & Sumedang, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi. 3(2), 179–186.
Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120
Habibi, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3399–3412. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1316
M. Miftah Arief, N. H. (2025). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Ipamadrasah Ibtidaiyah. 09(01), 36–50.
Mayangsari, N., Khoirunnisa, K., Fitria, D., Fauziah, S., Rizkia, N. P., Hoiriyah, V. N., & Wasito, M. (2024). Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 202–209. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.433
Munawaroh, M., & Rofi’ah, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iii Di Mi Tarbiyatusshibyan. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 94. https://doi.org/10.32507/attadib.v1i2.25
Nurul Hikmah, M. C. C. N. (2022). Pendidikan Islam Anak Usia Dini Berbasis Al-Qur’an. 48.
Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Purba, P., Rahayu, A., & Murniningsih, M. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.80
Robiatun Mawardah, Dulhadi, & Vidya Setyaningrum. (2023). Pengaruh penggunaan strategi picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas V dalam mata pelajaran IPA. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i1.12
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sakila, R., Lubis, N. faridah, Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.
Salsabila Salsabila, Arya Bisma Nugraha, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 100–110. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1390
Saputra, D., Susilo, S., Abidin, Y., & Mulyati, T. (2022). Augmented Reality In Science Learning For Elementary School Students. 07(01), 78–90. https://doi.org/10.4108/eai.25-11-2021.2318819
Siahaan, N. B. R., & Sinday, Y. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV di SDN-1 Menteng Kota Palangka Raya. 3, 29–39.
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Journal of Social Research, 1(8), 916–921. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.187
Sulistiani, S., Subhan, M., & Apreasta, L. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6698–6707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3212
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ayu Permatha Shiddiq, Laili Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)