Mengembangkan Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar

Authors

  • Apit Pamungkas UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Tutuk Ningsih UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6396

Keywords:

nilai-nilai multikultural, pembelajaran aktif, sekolah dasar

Abstract

Keberagaman budaya adalah masalah umum di sekolah dasar dan dapat menyulitkan proses belajar.  Menanamkan nilai-nilai antarbudaya adalah masalah bagi SD Negeri 3 Kaliori karena keberagaman siswa di sekolah tersebut.  Studi ini bertujuan untuk menyelidiki cara-cara di mana SD Negeri 3 Kaliori dapat secara aktif mempromosikan pengembangan nilai-nilai antarbudaya pada siswanya.  Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah landasan metodologi penelitian kualitatif deskriptif.  Penelitian ini menggunakan sampel yang dipilih secara purposif dari siswa dan pengajar di SD Negeri 3 Kaliori sebagai populasi.  Temuan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang keragaman, toleransi, dan sifat-sifat terpuji lainnya dapat ditingkatkan dengan penggabungan pendidikan multikultural ke dalam pembelajaran aktif.  Teknologi digital dan pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keragaman.

References

Anam, K., Al Amin, M., Budiman, A., & Kustianingrum, A. R. (2024). Penanaman Nilai-nilai Multikultural kepada siswa Berbasis Virtual Reality di SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 596–600. https://doi.org/10.30651/aks.v8i4.23664

Banks, J. A. (2019). An Introduction to Multicultural Education.

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2019). Multicultural Education: Issues and Perspectives. John Wiley & Sons.

Barokah, A., Nurlaela, S., Ardana, L. N., Vega, N., & Kirana, P. (2024). Strategi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Toleransi Pada Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13914–13922.

BPS. (2010). Mengulik Data Suku di Indonesia. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Gorski, P. C. (2017). Reaching and teaching students in poverty: Strategies for erasing the opportunity gap. Teachers College Press.

Huberman, A. (2019). Qualitative data analysis a methods sourcebook.

Marfuah, I., & Mulyoto, M. (2021). Manajemen Pendidikan Multikultural untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 22–35. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.7954

Merriam, S. B., & Grenier, R. S. (2019). Qualitative research in practice: Examples for discussion and analysis. John Wiley & Sons.

Nieto, S., & Bode, P. (2018). Affirming Diversity: The Sociopolitical Context of Multicultural Education. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=yxHujwEACAAJ

Ningsih, T. (2019). Pendidikan Multikultural: Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Modal Sosial.

Patton, C. M. (2020). Phenomenology for the holistic nurse researcher: Underpinnings of descriptive and interpretive traditions. Journal of holistic nursing, 38(3), 278–286. https://doi.org/10.1177/0898010119882155

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Pamungkas, A., & Ningsih, T. (2025). Mengembangkan Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 149–156. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6396

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.