Problematika Pendidikan Karakter di Tengah Arus Modernitas
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8654Keywords:
kultur sekolah, literasi digital, modernisasi digital, pendidikan karakter, sosiologi pendidikanAbstract
Pendidikan karakter merupakan inti dari fungsi pendidikan yang bertujuan membentuk pribadi berakhlak, beretika, dan bertanggung jawab sosial, namun di era modernisasi digital fungsi ini menghadapi tantangan serius berupa degradasi moral, meningkatnya individualisme, serta kesenjangan sosial-digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis problematika pendidikan karakter di tengah arus modernisasi digital melalui perspektif sosiologi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data diperoleh dari literatur berupa buku, jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan dokumen akademik, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi digital memperlemah kontrol sosial, menggeser nilai kolektif menjadi pragmatis, serta menimbulkan reproduksi sosial akibat ketimpangan akses teknologi. Analisis teori Durkheim, Marx, dan Mead menegaskan bahwa pendidikan karakter harus dipandang sebagai mekanisme sosial yang terintegrasi dengan perubahan masyarakat modern. Strategi yang direkomendasikan meliputi penguatan kultur sekolah melalui pembiasaan positif dan keteladanan guru, kolaborasi Tri Pusat Pendidikan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, pengembangan literasi digital beretika, serta peningkatan kompetensi guru sebagai teladan moral dan agen literasi digital. Dengan sinergi nilai religius, sosial, dan digital, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi benteng moral yang menyiapkan generasi muda adaptif menghadapi arus modernitas.
References
Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol1.iss2.28
Crowther, C. H., Bidang, D., Agama, P., Karim, A., Mohamed, A. R., Ismail, S. A. M. M., Rahman, M. M., Cahaya Nasution, N., Dewantari, N. A., Yumarni, V., Zulpianto, R., Adolph, R., Sholehuddin, S., Wardani, R. K., Peterria, V., Suryani, N., Halawa, F. A., Fensi, F., Viii, K., … Makrifat. (2025). Organized hypocrisy in EFL teacher training programs. Jurnal Basicedu, 5(1), 620–629. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Diniatul Murtafik, Ardian Syah Bahtiar, Nur Fauziyah Indah Amaliyah, & Anisa Rani, Mu’allimin. (2024). Penguatan Kultur Sekolah sebagai Strategi Holistik untuk Pembentukan Karakter dan Literasi Siswa di Era Digital. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 283–291. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.437
Dodent, R. R., Mawardi, M., & Ismanto, B. (2022). Iklim Sekolah Positif dan Kondusif Berbasis Penguatan Nilai Cinta Kasih. Mimbar Ilmu, 27(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46056
Dwi Syukriady 1, Ashar 2, Musbaing3, Yuriatson4, S. P. A. (2023). Penguatan Literasi Digital Dalam. Community Development Journal, 5(2), 3426–3430. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.7887
Gunawan, I. (2024). Pendidikan Karakter, Tantangan dan Solusi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran, 159–172. https://modernis.co/pendidikan-karakter-tantangan-dan-solusi-di-era-globalisasi/27/03/2020/
Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097
Hoerudin, C. W. (2022). Tren Media Sosial Youtube dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Indrawati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163–174.
Iramdan, Riyono, B., & Tantowi, A. A. (2023). Peran Teknologi Dalam Menjembatani Kesenjangan Pendidikan di Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 144–146. https://doi.org/10.5281/zenodo.10653143
Izzah, N., Nuraini, S. H., Abyan, S., Syafi’i, I., Ariyanti, W. D., & Haq, Z. Z. (2025). Tantangan dan Strategi Kompetensi Guru Pendidikan Islam dan Adaptasi Teknologi dalam Penguatan Nilai Spiritual. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1567
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Masiah, M., Erdiansyah, E., & Herawati, H. (2023). Pengaruh Peran Guru Akidah Akhlak sebagai Model dan Teladan Terhadap Kepribadian Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 101–116. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-6
Murdani A, M. F., Alvionita, I., Sari HS, D. P., Rahmawati, E. S., Setywati, B. E., Kurniawan, K., & Indrawari, K. (2025). Analisis Tantangan Pengembangan Bahan Ajar Buku PAI Kurikulum Merdeka pada Kelas 5 SD. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.69693/ijmst.v3i1.349
Mustafa, R. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Lingkungan Sekolah. 6(2), 91–98.
Ratnasari, K. I., Sholihah, M., Shalihah, I., & Kholid, F. N. I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Karimah (Karakter) Siswa di SDN 03 Sukorejo. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 131–138. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3436
Safitri, M. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 173–183. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8621
Salman, A. (2022). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Keteladanan. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 176–183. https://doi.org/10.36418/jii.v1i3.41
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Yudi, N., & Maryam, S. (2023). Pengaruh kompetensi literasi digital siswa terhadap efektivitas pendidikan karakter islami di sekolahmenengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 130–137.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Abdur Wahid, Tutuk Ningsih, M. Slamet Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the