Problematika Pendidikan Karakter di Tengah Arus Modernitas

Authors

  • Abdur Wahid UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Tutuk Ningsih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • M. Slamet Yahya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8654

Keywords:

kultur sekolah, literasi digital, modernisasi digital, pendidikan karakter, sosiologi pendidikan

Abstract

Pendidikan karakter merupakan inti dari fungsi pendidikan yang bertujuan membentuk pribadi berakhlak, beretika, dan bertanggung jawab sosial, namun di era modernisasi digital fungsi ini menghadapi tantangan serius berupa degradasi moral, meningkatnya individualisme, serta kesenjangan sosial-digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis problematika pendidikan karakter di tengah arus modernisasi digital melalui perspektif sosiologi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data diperoleh dari literatur berupa buku, jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan dokumen akademik, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi digital memperlemah kontrol sosial, menggeser nilai kolektif menjadi pragmatis, serta menimbulkan reproduksi sosial akibat ketimpangan akses teknologi. Analisis teori Durkheim, Marx, dan Mead menegaskan bahwa pendidikan karakter harus dipandang sebagai mekanisme sosial yang terintegrasi dengan perubahan masyarakat modern. Strategi yang direkomendasikan meliputi penguatan kultur sekolah melalui pembiasaan positif dan keteladanan guru, kolaborasi Tri Pusat Pendidikan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, pengembangan literasi digital beretika, serta peningkatan kompetensi guru sebagai teladan moral dan agen literasi digital. Dengan sinergi nilai religius, sosial, dan digital, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi benteng moral yang menyiapkan generasi muda adaptif menghadapi arus modernitas.

References

Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol1.iss2.28

Crowther, C. H., Bidang, D., Agama, P., Karim, A., Mohamed, A. R., Ismail, S. A. M. M., Rahman, M. M., Cahaya Nasution, N., Dewantari, N. A., Yumarni, V., Zulpianto, R., Adolph, R., Sholehuddin, S., Wardani, R. K., Peterria, V., Suryani, N., Halawa, F. A., Fensi, F., Viii, K., … Makrifat. (2025). Organized hypocrisy in EFL teacher training programs. Jurnal Basicedu, 5(1), 620–629. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Diniatul Murtafik, Ardian Syah Bahtiar, Nur Fauziyah Indah Amaliyah, & Anisa Rani, Mu’allimin. (2024). Penguatan Kultur Sekolah sebagai Strategi Holistik untuk Pembentukan Karakter dan Literasi Siswa di Era Digital. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 283–291. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.437

Dodent, R. R., Mawardi, M., & Ismanto, B. (2022). Iklim Sekolah Positif dan Kondusif Berbasis Penguatan Nilai Cinta Kasih. Mimbar Ilmu, 27(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46056

Dwi Syukriady 1, Ashar 2, Musbaing3, Yuriatson4, S. P. A. (2023). Penguatan Literasi Digital Dalam. Community Development Journal, 5(2), 3426–3430. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.7887

Gunawan, I. (2024). Pendidikan Karakter, Tantangan dan Solusi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran, 159–172. https://modernis.co/pendidikan-karakter-tantangan-dan-solusi-di-era-globalisasi/27/03/2020/

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Hoerudin, C. W. (2022). Tren Media Sosial Youtube dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Indrawati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163–174.

Iramdan, Riyono, B., & Tantowi, A. A. (2023). Peran Teknologi Dalam Menjembatani Kesenjangan Pendidikan di Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 144–146. https://doi.org/10.5281/zenodo.10653143

Izzah, N., Nuraini, S. H., Abyan, S., Syafi’i, I., Ariyanti, W. D., & Haq, Z. Z. (2025). Tantangan dan Strategi Kompetensi Guru Pendidikan Islam dan Adaptasi Teknologi dalam Penguatan Nilai Spiritual. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1567

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Masiah, M., Erdiansyah, E., & Herawati, H. (2023). Pengaruh Peran Guru Akidah Akhlak sebagai Model dan Teladan Terhadap Kepribadian Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 101–116. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-6

Murdani A, M. F., Alvionita, I., Sari HS, D. P., Rahmawati, E. S., Setywati, B. E., Kurniawan, K., & Indrawari, K. (2025). Analisis Tantangan Pengembangan Bahan Ajar Buku PAI Kurikulum Merdeka pada Kelas 5 SD. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.69693/ijmst.v3i1.349

Mustafa, R. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Lingkungan Sekolah. 6(2), 91–98.

Ratnasari, K. I., Sholihah, M., Shalihah, I., & Kholid, F. N. I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Karimah (Karakter) Siswa di SDN 03 Sukorejo. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 131–138. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3436

Safitri, M. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 173–183. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8621

Salman, A. (2022). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Keteladanan. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 176–183. https://doi.org/10.36418/jii.v1i3.41

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Yudi, N., & Maryam, S. (2023). Pengaruh kompetensi literasi digital siswa terhadap efektivitas pendidikan karakter islami di sekolahmenengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 130–137.

Downloads

Published

2025-12-24

How to Cite

Wahid, A., Ningsih, T., & Yahya, M. S. (2025). Problematika Pendidikan Karakter di Tengah Arus Modernitas. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1225–1237. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8654

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)