PEMANFAATAN FILM ANIMASI SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN: STUDI DI TK NURUL IKHLAS
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5409Keywords:
Film, Animasi, Kemampuan MenyimakAbstract
Anak-anak usia 5-6 tahun mengalami kesulitan dalam menyimak dan berbicara karena ketidakmampuan mengulangi instruksi dan menceritakan kembali cerita, serta hambatan dalam mengingat dan memahami kata-kata baru. Masalah ini diperburuk oleh metode pengajaran yang monoton dan kurang variatif, yang menyebabkan kebosanan dan kurangnya minat anak-anak untuk berpartisipasi aktif, sehingga menghambat perkembangan kemampuan bahasa merekaPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas TK Nurul Ikhlas yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil pretest yang baik bila kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Bedasarkan hasil penelitian dari Pengaruh Penggunaan Film Animasi terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Nurul Ikhlas terbukti berpengaruh cukup signifikan di kelas eskperimen. Hal ini ditunjukan pada kelas eksperimen yang menggunaakan media film animasi yang memilik hasil presentase Kemampuan Menyimak dengan hasil uji hepotesis sebesar 2,683 dengan signifikan 0,010 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan Kemampuan Menyimak antara kelas ekspermen dan kelas control.
References
Adittia, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227
Al-Quran Dan Terjemah. (2006). Maghfirah Pustaka.
Ashuri, M., & Damara, T. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Quran dan Hadist. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1).
Cania, R., & Yulsyofriend. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Anak Usia Raudhatul Atfhal, 4(1), 56. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.767
Creswell, J. W. (2016). Educational Research (Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research).
Dariyanto, D. (2022). Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an. ZAD Al-Mufassirin, 4(1), 82–109. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.36
Dian Pertiwi, A., Isna Kartika, W., Istiqomah, N., & Mustikhatul Hidayah, A. (2023). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Video Animasi dalam Kemampuan Bahasa Daerah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7003–7018. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Dina Utami, A., Mahdalena Leksana, D., & Dwi Astuti, R. (2021). Pembelajaran Menyimak Anak Kelompok A menggunakan Busy Book (Studi Kasus di RA Al Mahiri Darul Ulum Gresik). Sawaqib Jurnal Keislaman, 1(1).
Fadhilah, S. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntuh Demak tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal of Health Sciences), 12(2).
Gusmarni, Y. (2022). Analisis Permendikbud Nomor 137 dan 146 dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 17(2), 1–7.
Halimatuzzuhrotulaini, B. (2020). Pendidikan Karakter pada PAUD dalam Perpektif Al-Quran dan Hadis. Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial , 18(2).
Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1).
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2018). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 1(1), 1–14.
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., & Latief, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(1). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Nurfadhilah, F., Ratna, Y., Agustina, T., & Angga, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Film Animasi bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 170–181.
Oktavianti, R., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4689–4697.
Peraturan Menteri Pendiddikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Romadhona, W., Djahir, Y., & Barlian, I. (2022). Pengaruh Media Audio Visual berbasis Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung Alf (p. 143). Alfabeta.
Wahyono, T., Mashar, R., & Rahmawati, I. Y. (2021). Kegemaran Menyimak Channel Kisah Islami Berdampak Positif pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 91–99. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.4043
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Rizkina; Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)