MOTUNAL: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GENDER BERBASIS MONOPOLI UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5857

Keywords:

Media pembelajaran, Gender, Monopoli

Abstract

Meningkatnya kasus pelecehan seksual anak di Indonesia dari 8.730 kasus pada 2021 menjadi 9.644 kasus pada 2023 menunjukkan pentingnya pengenalan jenis kelamin sejak dini. Observasi di TK Karunia Karang Pilang, Surabaya, mengidentifikasi kurangnya media pembelajaran pendidikan seksual, yang berdampak pada rendahnya pemahaman anak tentang interaksi diri dengan orang lain dan privasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media MOTUNAL (Monopoli Kartu Pendidikan Seksual) untuk meningkatkan kemampuan anak usia 5–6 tahun dalam mengenal jenis kelamin. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian melibatkan 12 anak, dengan validasi ahli materi mencapai 92,85% dan validasi ahli media 97,50%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan (Asymp. Sig = 0,002) antara skor pretest dan posttest. Penelitian ini membuktikan bahwa media MOTUNAL (Monopoli Kartu Pendidikan Seksual) efektif dalam meningkatkan kemampuan anak usia 5–6 tahun mengenal jenis kelamin. Implikasi dalam penelitian ini adalah media MOTUNAL (Monopoli Kartu Pendidikan Seksual) dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dan berpotensi digunakan dalam penelitian dengan konsep abstrak lainnya, seperti toleransi, tanggung jawab dan kesabaran, empati, dan sebagainya.

References

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., & Fitriyah, L. A. (2022). Media Pembelajaran-Media Grafis. Global Eksekutif Teknologi.

Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. D. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 02(02), 12–23. http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Erlangga, F., Kuncoro, A., Rhetno Wardhani, D., Abdillah, R., & Ramdhan, V. (2022). Pengembangan Desain Instruksi Pembelajaran dengan Model ADDIE untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sinasis, 3(1), 261–267.

Fadlillah, M. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN MONRAKED SEBAGAI MEDIA UNTUK MESTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04, 9–23.

Horanieh, N., Wellings, K., & Macdowall, W. (2022). Barriers and Facilitators for Formulation and Implementation of a Sex Education Programme in Saudi Arabia: Stakeholders’ Perspective. Sexuality Research and Social Policy, 19(4), 1561–1571. https://doi.org/10.1007/s13178-021-00678-4

Ismawati, N., Widayati, S., & Khumairoh, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 10–20. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1986

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Latifah, D., Ritonga, A. W., Anggraeni, S., & Julaeha, S. E. (2023). Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Sejak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur dalam Perspektif Islam. Pedagogie, 4(2), 93 – 111.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92

Ningsih, N., Fitri, R., Widayati, S., & Maulidyah, E. C. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA “MOKU” (MONOPOLI NEGARAKU) UNTUK MENGENALKAN CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 237–254.

Oktaviana, M., & Zanki, A. S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK LOGIS ANAK USIA DINI. 1(1), 33–38.

Rahayu, D. P. (2021). PEMBERIAN STIMULASI ANAK BERBASIS TEORI BERMAIN KOGNITIF JEAN PIAGET. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 49–56.

Rahmawati, P. (2019). Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Lumbung Pustakan Universitas Negeri Yogyakarta, 20–80.

Rakhmawati, E. (2022). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Potlot Publisher.

Sam, F. K., Pramono, P., & Astuti, W. (2021). Penerapan Permainan Engklek Fruit Sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.1-8

Sari, I. P. (2023). Meningkatnya Kasus LGBT di Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Kewarganegaraan, 2(6), 359–363.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Y. Suryandari (ed.); 1st ed.). ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). ALFABETA.

Susanti. (2020). Persepsi dan Cara Pemberian Pendidikan Seksual pada Anak TK (Abdul (ed.); 1st ed.). Penerbit Adab.

UNESCO. (2018). International Technical Guidance on Sexuality Education. In United Nations Educational Scientific and Cultural Organization SDGs. UNESCO. https://www.unfpa.org/publications/international-technical-guidance-sexuality-education

UNESCO. (2019). Facing the Facts: the Case for Comprehensive Sexuality Education. Global Education Monitoring.

Wahidah, A. F. N., & Maemonah, M. (2020). Moral Thought of Early Childhood in Perspective Lawrence Kohlberg. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.5991

Wulandari, H., & Lestari, F. F. (2023). Penerapan Materi Pendidikan Seksual di Sekolah PAUD dalam Upaya Mencegah Kekerasan Seksual. Journal on Education, 06(01), 5127–5134.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Aniyanti Putri, E. D. F., Widayati, S., Komalasari, D., & Cahya Maulidiyah, E. (2024). MOTUNAL: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GENDER BERBASIS MONOPOLI UNTUK ANAK USIA DINI. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 39–52. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5857