AKSELERASI PENGEMBANGAN KOSAKATA: ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE HURUF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI

Authors

  • Eka Nurfadilah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Siti Marwah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Yuni Ningsih UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Aip Saripudin UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5992

Keywords:

anak usia dini, media pembelajaran, pengembangan bahasa, puzzle

Abstract

Puzzle merupakan permainan edukasi yang menantang kreativitas dan ingatan siswa. Permainan ini membantu siswa memecahkan masalah sambil bersenang-senang karena dapat dilakukan berulang. Bermain puzzle tidak hanya menghibur tetapi juga membangun kreativitas, imajinasi, dan keterampilan penting bagi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Tujuannya mengoptimalkan pembelajaran kosakata anak usia dini melalui puzzle huruf, dengan mengidentifikasi tantangan perkembangan bahasa dan mengeksplorasi efektivitas puzzle huruf sebagai alat pembelajaran interaktif yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Anak-anak mampu mengucapkan huruf dan kata dengan baik dan lancar; 2) Beberapa anak berani berbicara di depan teman-temannya dan dapat mengulang cerita dari guru dengan baik; 3) Anak-anak mengikuti instruksi guru dengan baik. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini, serta meningkatkan kerjasama antara guru, orang tua dan lingkungan dalam mendukung perkembangan bahasa anak. Media puzzle terbukti menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak secara menyenangkan dan interaktif.

References

Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Elfiandi, E. (2016). Bermain dan Permainan bagi Anak Usia Dini. ITQAN J: Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(6), 51–60. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/115

Fauziddin, M., & Kuswandi, E. (2014). Pembelajaran PAUD : bermain, cerita dan menyanyi secara Islami. Remaja Rosdakarya.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.52484/AL_ATHFAL.V2I1.140

Khaironi, M., & Ilhami, B. S. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01–12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739

Kusuma, T. C. (2012). Gambaran Tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1596

Nusir, L., & Zulfa, M. Y. (2022). Keterampilan Bernyanyi Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Mau’izhah, 11(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.55

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Grafindo Litera Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).

Rishantie, S. A., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 7–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.7-10

Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupek Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/232

Supartini, Y. (2004). Buku Ajaran Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.

Suwendi, L. (2021). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Konsep Matematika Sederhana) Melalui Penggunaan Media Belajar Baju Bernomor Pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Wanita Pucung Kidul Kecamatan Boyolali Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-2014. IKIP PGRI JEMBER.

Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.30997/TJPBA.V4I1.6952

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/AJIPAUD.V2I1.4553

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana Prenada Media Group.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan

Pengembangannya. Perdana Publishing.

Zubaidah, E. (2015). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Khalilullah, M. (2013). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Aswaja Pressindo.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Eka Nurfadilah, Marwah, S., Ningsih, Y., & Saripudin, A. (2025). AKSELERASI PENGEMBANGAN KOSAKATA: ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE HURUF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5992

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.