AKSELERASI PENGEMBANGAN KOSAKATA: ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE HURUF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5992Keywords:
anak usia dini, media pembelajaran, pengembangan bahasa, puzzleAbstract
Puzzle merupakan permainan edukasi yang menantang kreativitas dan ingatan siswa. Permainan ini membantu siswa memecahkan masalah sambil bersenang-senang karena dapat dilakukan berulang. Bermain puzzle tidak hanya menghibur tetapi juga membangun kreativitas, imajinasi, dan keterampilan penting bagi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Tujuannya mengoptimalkan pembelajaran kosakata anak usia dini melalui puzzle huruf, dengan mengidentifikasi tantangan perkembangan bahasa dan mengeksplorasi efektivitas puzzle huruf sebagai alat pembelajaran interaktif yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Anak-anak mampu mengucapkan huruf dan kata dengan baik dan lancar; 2) Beberapa anak berani berbicara di depan teman-temannya dan dapat mengulang cerita dari guru dengan baik; 3) Anak-anak mengikuti instruksi guru dengan baik. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini, serta meningkatkan kerjasama antara guru, orang tua dan lingkungan dalam mendukung perkembangan bahasa anak. Media puzzle terbukti menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak secara menyenangkan dan interaktif.
References
Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Elfiandi, E. (2016). Bermain dan Permainan bagi Anak Usia Dini. ITQAN J: Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(6), 51–60. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/115
Fauziddin, M., & Kuswandi, E. (2014). Pembelajaran PAUD : bermain, cerita dan menyanyi secara Islami. Remaja Rosdakarya.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.52484/AL_ATHFAL.V2I1.140
Khaironi, M., & Ilhami, B. S. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01–12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739
Kusuma, T. C. (2012). Gambaran Tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1596
Nusir, L., & Zulfa, M. Y. (2022). Keterampilan Bernyanyi Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Mau’izhah, 11(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.55
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Grafindo Litera Media.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).
Rishantie, S. A., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 7–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.7-10
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupek Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/232
Supartini, Y. (2004). Buku Ajaran Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.
Suwendi, L. (2021). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Konsep Matematika Sederhana) Melalui Penggunaan Media Belajar Baju Bernomor Pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Wanita Pucung Kidul Kecamatan Boyolali Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-2014. IKIP PGRI JEMBER.
Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.30997/TJPBA.V4I1.6952
Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/AJIPAUD.V2I1.4553
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana Prenada Media Group.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan
Pengembangannya. Perdana Publishing.
Zubaidah, E. (2015). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Khalilullah, M. (2013). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Aswaja Pressindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Nurfadilah, Siti Marwah, Yuni Ningsih, Aip Saripudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)