Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Strategi Edutainment

Authors

  • Rakhmat Rakhmat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Tutuk Ningsih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6836

Keywords:

inovasi pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial, strategi edutainment, pendidikan dasar, studi kualitatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui strategi edutainment di SD Negeri 1 Bancar, sebagai respons atas rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh dominannya metode pembelajaran konvensional. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa kelas IV, V, dan VI. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi edutainment melalui permainan digital, role playing, dan pemanfaatan platform digital berhasil meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan hasil belajar siswa secara signifikan. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, keterbatasan infrastruktur teknologi, dan kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian yang komprehensif teridentifikasi. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi edutainment merupakan solusi yang efektif untuk merevitalisasi pembelajaran IPS, namun memerlukan dukungan sistemik melalui pengembangan profesional guru, peningkatan sarana prasarana, dan kolaborasi kebijakan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup perluasan cakupan sampel, studi longitudinal, serta eksplorasi integrasi teknologi emerging seperti augmented reality dan artificial intelligence dalam pembelajaran berbasis edutainment.

References

Asep, A., Barus, C. S. A., & Sohilait, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPS di Indonesia: Sebuah Systematic Review. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 9(3), 200-213. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i3.5869

Castellani, B., & Hafferty, F. W. (2009). Sociology and complexity science a new field of inquiry.

Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Analisis Empat Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Di MI Ma'arif NU Penaruban. Jurnal Kependidikan, 11(1), 105-117. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8440

Clark, M. C., & Wilson, A. L. (1991). Context and rationality in Mezirow’s theory of transformational learning. Adult Education Quarterly, 41(2), 75-91

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Guskey, T. R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching, 8(3), 381-391.

Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture And Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTS Darussalam BERMI Tahun Pelajaran 2016/2017. JIME, 3(2), 81-98.

Hastuti, L. (2020). Strategi Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 1 Purbalingga Tesis. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, 9(1), 978.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74-79. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Marjiyah, S., & Ningsih, T. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Cabang Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 9(1), 53-68. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5619

Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Megawati, R., & Ningsih, T. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Pendidikan, 8(2), 249-263.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.

Prasetio, T. A., & Ningsih, T. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Lapbook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 09, 245-254.

Pratiwi, A. D., Amini, A., Nasution, E. M., Handayani, F., & Mawarny, N. P. (2023). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS Di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP Dan SMA). El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 606-617. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2818

Ramadhan, M. R. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 201-211. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.114

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257-285.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wiggins, G. (1990). The Case for Authentic Assessment. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 2(2). https://doi.org/10.7275/ffb1-mm19

Wijayanti, M. T., & Lutfi, A. (2021). Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 269-276. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.269-276

Zahra Rosyiddin, A. A., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44-53. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Rakhmat, R., & Ningsih, T. (2025). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Strategi Edutainment. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 708–721. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6836

Issue

Section

Articles

Citation Check