Perilaku Imitasi Seksual Anak Usia 5 Tahun

Fauziah Zainuddin, Suriati Suriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku imitasi seksual yang di lakukan oleh anak usia 5 tahun di TK Paramata Bunda Palopo Sulawesi Selatan. Terindentifikasi bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan gerakan atau adegan seksual terhadap temannya disekolah. Untuk menggali hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus untuk menyelidiki dan menginterpretasi permasalahan yang terjadi. Data-data yang di sajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara dengan jenis wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku imitasi seksual yang dilakukan oleh anak yaitu dalam bentuk gerakan seksual. Hal tersebut karena anak masih belum mandiri dan orang tua yang terlalu permisif dalam membina dan mengasuh anaknya sehari-hari. Hal ini yang mendorong orang tua untuk mengkondisikan anak agar tidur sekamar dengan mereka yang pada akhirnya hubungan seksual yang mereka lakukan pada beberapa kondisi dilihat secara langsung oleh anak dan menirunya saat mereka bermain dan belajar di sekolah.

Keywords


Perilaku Anak, Imitasi seksual

Full Text:

PDF

References


Crain, W. 2001. Teori perkembangan : konsep dan aplikasi (terjemahan yudi santoso). Yogyakarta : pustaka pelajar

Hurlock, elizabeth B. 1996. Psikologi perkembangan. Edisi kelima. Jakarta: erlangga

Sardiman AM, 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moeslichatoen, 1999. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT.Rineka cipta.

Ratih Zulhaqi, Perkembangan Seksual Anak, dalam https://health.detik.com/,di unduh pada hari senin, tanggal 9 Agustus 2018


Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini  has been indexed by the following service (click the link for the further information):

Image result for icon crossref       Image result for google scholar