BERMAINPERAN: STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5616Keywords:
Pengembangan Sosial Emosional, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengembangan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas B di RA Nurul Huda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang mendalam dan komprehensif mengenai perilaku serta respons siswa selama kegiatan berlangsung. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, yang memungkinkan peneliti untuk menyusun temuan secara sistematis dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran yang beragam, apabila dilakukan dalam suasana yang terbuka, menyenangkan, dan bebas, mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan aspek sosial emosional anak. Indikator pengembangan tersebut meliputi peningkatan kesadaran diri, kemampuan dalam mengatur emosi dan perilaku sendiri (pengaturan diri), munculnya motivasi internal (motivasi diri), kemampuan untuk memahami perasaan orang lain (empati), serta keterampilan dalam menjalin hubungan sosial (keterampilan sosial). Dengan demikian, bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu strategi efektif dalam mendukung tumbuh kembang sosial emosional anak usia dini secara optimal.
References
Anzani, W., Wati, R., Insan, K., Khairul, I., Intan, T., & Muhammadiyah, U. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Jurnal Psikologi Anak, 2, 180–193.
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri, M. D. B. (2021). Pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Danuwijaya, C., Sulaiman, R., Us'ansyah, M., Maki, A., & Husna, N. (2022). Peran guru pendidikan agama Islam dalam implementasi psikososial Erikson di sekolah. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 5(1), 41–55.
Dewi, T. L. A., & A, D. P. (2023). Pengaruh penerapan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman bullying pada anak di TK. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 70–95.
Dhea Shafira, & Armanila, I. K. S. (2022). JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education, 2, 1–16.
Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). Kecerdasan emosional menurut Goleman dalam perspektif kurikulum 2013 PAUD. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16–20. https://doi.org/10.46368/.v1i2.800
Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.
Febrianti, S. D. A. (2021). Menstimulasi tingkat kepercayaan diri pada anak dengan metode bermain peran. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.277
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan sosial emosi anak usia dini. Jurnal Perkembangan Anak, 3, 31–47.
Habsy, B. A., Sufiandi, A. C., Baktiadi, A. N., & Asmarani, E. M. (2023). Teori perkembangan sosial emosi Erikson dan perkembangan moral Kohlberg. Tsaqofah, 4(1), 217–228. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2163
Jane Gresia Akollo, Tiffany Adriana Wattilete, D. L. (2020). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan empati pada anak usia 5–6 tahun. Didaxei: Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–52.
Kemendikbud. (2020). Pedoman pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan anak usia dini. 1–34.
Kumalasari, N. N., Hasibuan, R., Surabaya, N., & Emosional, P. S. (2020). Pengaruh kegiatan market day terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3, 322–329.
Lestari Sri Wahyuni Panjaitan, J. H. P. (2020). Bermain imajinasi untuk meningkatkan kecerdasan spasial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(Juli), 1–23.
Linda, F. M. (2022). Meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode bermain peran. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 193–198. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nafisah, I. L., & Basuki, D. D. (2023). Peran pola asuh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan sosial pada anak sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 272–282. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.545
Ningsih, N. V., & Lusy, N. (2021). Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kepemimpinan siswa. Jurnal Mentari, 1(1), 44–50.
Puspita, Y. P. (2023). Implementasi ice breaking untuk menciptakan kesiapan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan pada anak usia dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257
Rahmi, P. (2020). Mengembangkan kecerdasan sosial & emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
Riffiana, T., & Wahyuni, D. (2023). Meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan bercerita. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah, 3(1), 279–285.
Risnawati, A., Zaenuri, & Wildan Nuril Ahmad Fauzi. (2020). Pengembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui metode pembiasaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1).
Tati Mamlakah, M., & C. S. (2023). Peran Islamic Hypno Parenting melalui metode deep talk terhadap perkembangan kecerdasan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 804–836.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Aulia Zannah, Neneng Alawiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)