BERMAINPERAN: STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Aulia Zannah Universitas Cendekia Aditama
  • Neneng Alawiyah Universitas Cendekia Abditama

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5616

Keywords:

Pengembangan Sosial Emosional, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengembangan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas B di RA Nurul Huda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang mendalam dan komprehensif mengenai perilaku serta respons siswa selama kegiatan berlangsung. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, yang memungkinkan peneliti untuk menyusun temuan secara sistematis dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran yang beragam, apabila dilakukan dalam suasana yang terbuka, menyenangkan, dan bebas, mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan aspek sosial emosional anak. Indikator pengembangan tersebut meliputi peningkatan kesadaran diri, kemampuan dalam mengatur emosi dan perilaku sendiri (pengaturan diri), munculnya motivasi internal (motivasi diri), kemampuan untuk memahami perasaan orang lain (empati), serta keterampilan dalam menjalin hubungan sosial (keterampilan sosial). Dengan demikian, bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu strategi efektif dalam mendukung tumbuh kembang sosial emosional anak usia dini secara optimal.

References

Anzani, W., Wati, R., Insan, K., Khairul, I., Intan, T., & Muhammadiyah, U. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Jurnal Psikologi Anak, 2, 180–193.

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri, M. D. B. (2021). Pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Danuwijaya, C., Sulaiman, R., Us'ansyah, M., Maki, A., & Husna, N. (2022). Peran guru pendidikan agama Islam dalam implementasi psikososial Erikson di sekolah. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 5(1), 41–55.

Dewi, T. L. A., & A, D. P. (2023). Pengaruh penerapan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman bullying pada anak di TK. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 70–95.

Dhea Shafira, & Armanila, I. K. S. (2022). JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education, 2, 1–16.

Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). Kecerdasan emosional menurut Goleman dalam perspektif kurikulum 2013 PAUD. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16–20. https://doi.org/10.46368/.v1i2.800

Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.

Febrianti, S. D. A. (2021). Menstimulasi tingkat kepercayaan diri pada anak dengan metode bermain peran. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.277

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan sosial emosi anak usia dini. Jurnal Perkembangan Anak, 3, 31–47.

Habsy, B. A., Sufiandi, A. C., Baktiadi, A. N., & Asmarani, E. M. (2023). Teori perkembangan sosial emosi Erikson dan perkembangan moral Kohlberg. Tsaqofah, 4(1), 217–228. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2163

Jane Gresia Akollo, Tiffany Adriana Wattilete, D. L. (2020). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan empati pada anak usia 5–6 tahun. Didaxei: Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–52.

Kemendikbud. (2020). Pedoman pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan anak usia dini. 1–34.

Kumalasari, N. N., Hasibuan, R., Surabaya, N., & Emosional, P. S. (2020). Pengaruh kegiatan market day terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3, 322–329.

Lestari Sri Wahyuni Panjaitan, J. H. P. (2020). Bermain imajinasi untuk meningkatkan kecerdasan spasial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(Juli), 1–23.

Linda, F. M. (2022). Meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode bermain peran. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 193–198. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nafisah, I. L., & Basuki, D. D. (2023). Peran pola asuh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan sosial pada anak sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 272–282. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.545

Ningsih, N. V., & Lusy, N. (2021). Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kepemimpinan siswa. Jurnal Mentari, 1(1), 44–50.

Puspita, Y. P. (2023). Implementasi ice breaking untuk menciptakan kesiapan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan pada anak usia dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257

Rahmi, P. (2020). Mengembangkan kecerdasan sosial & emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.

Riffiana, T., & Wahyuni, D. (2023). Meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan bercerita. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah, 3(1), 279–285.

Risnawati, A., Zaenuri, & Wildan Nuril Ahmad Fauzi. (2020). Pengembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui metode pembiasaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1).

Tati Mamlakah, M., & C. S. (2023). Peran Islamic Hypno Parenting melalui metode deep talk terhadap perkembangan kecerdasan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 804–836.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Siti Aulia Zannah, & Neneng Alawiyah. (2025). BERMAINPERAN: STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5616

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.