PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA AL-HILAL 3 PUCANGAN KARTASURA
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5627Keywords:
Video animasi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas penerapan media video animasi untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan guru kelas sebagai subjek utama dengan kepala sekolah dan guru pendamping sebagai informan pendukung. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi video animasi dalam pengembangan bahasa anak dilakukan melalui tiga tahapan sistematis. Pertama, tahap perencanaan yang meliputi penyusunan modul pembelajaran, penentuan tema dan kegiatan, serta persiapan materi video dan alat bantu. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pembukaan (pembiasaan dan apersepsi), penayangan video animasi sebagai kegiatan inti, dan penutup (recalling materi). Ketiga, tahap evaluasi untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media video animasi berhasil meningkatkan perkembangan bahasa anak-anak. Metode ini terbukti menarik perhatian anak-anak, memperkaya kosakata, meningkatkan kemampuan menyimak, dan membantu anak mengekspresikan diri dengan lebih baik melalui stimulus audio-visual yang interaktif dan menyenangkan.
References
Ainun Nur Aini, S., Rahmawati, A., & Jumiatmoko. (2021). Penerapan video animasi interaktif untuk mengenalkan nilai-nilai keagamaan pada anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 313-328.
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of EST, 2(2), 81-90.
Bustomi, M. Y. (2012). Panduan lengkap PAUD melejitkan potensi dan kecerdasan anak usia dini. Jakarta: Citra Publishing.
Cahyani Irawan, D., Rafiq, A., & Budi Utami, F. (2021). Media video animasi guna meningkatkan sikap tanggung jawab pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 294-301.
Fattah Nasution, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Harfa Creative.
Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.
Hasbullah. (1999). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasnida. (2021). Media pembelajaran kreatif mendukung pembelajaran pada anak usia dini. Jakarta: Luxima Metro Media.
Kurnia, R. (2019). Bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Mulyani, N. (2018). Perkembangan dasar anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media.
Narasti, Mulianti, dkk. (2021). Membuat media pembelajaran berupa video animasi untuk guru TK. Yogyakarta: Mercubuana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
Prakoso, N. A. (2020). Media pembelajaran video animasi untuk pembelajaran jarak jauh. Research Gate.
Priyono, A., & Junanto, S. (2022). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form sebagai media pembelajaran interaktif pendidikan agama Islam. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 240-265.
Purnama, S., Hayati, M., & Hibana. (2023). Modul muatan pembelajaran di PAUD/RA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Rahma A., Razuba F., & Rahman M. H. (2020). Penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak PAUDI. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 22-34.
Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Rusniah. (2016). Meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayani Neuhen tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusri, N. (2021). Strategi pembelajaran anak usia dini abad 21. Jurnal Adzkiya, 5(1), 54-72.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangannya di sekolah. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 23(3), 459-479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Nuril Fadilah, Nur Tanfidiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)