PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA AL-HILAL 3 PUCANGAN KARTASURA

Authors

  • Annisa Nuril Fadilah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Nur Tanfidiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5627

Keywords:

Video animasi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas penerapan media video animasi untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan guru kelas sebagai subjek utama dengan kepala sekolah dan guru pendamping sebagai informan pendukung. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi video animasi dalam pengembangan bahasa anak dilakukan melalui tiga tahapan sistematis. Pertama, tahap perencanaan yang meliputi penyusunan modul pembelajaran, penentuan tema dan kegiatan, serta persiapan materi video dan alat bantu. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pembukaan (pembiasaan dan apersepsi), penayangan video animasi sebagai kegiatan inti, dan penutup (recalling materi). Ketiga, tahap evaluasi untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media video animasi berhasil meningkatkan perkembangan bahasa anak-anak. Metode ini terbukti menarik perhatian anak-anak, memperkaya kosakata, meningkatkan kemampuan menyimak, dan membantu anak mengekspresikan diri dengan lebih baik melalui stimulus audio-visual yang interaktif dan menyenangkan.

References

Ainun Nur Aini, S., Rahmawati, A., & Jumiatmoko. (2021). Penerapan video animasi interaktif untuk mengenalkan nilai-nilai keagamaan pada anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 313-328.

Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of EST, 2(2), 81-90.

Bustomi, M. Y. (2012). Panduan lengkap PAUD melejitkan potensi dan kecerdasan anak usia dini. Jakarta: Citra Publishing.

Cahyani Irawan, D., Rafiq, A., & Budi Utami, F. (2021). Media video animasi guna meningkatkan sikap tanggung jawab pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 294-301.

Fattah Nasution, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.

Hasbullah. (1999). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasnida. (2021). Media pembelajaran kreatif mendukung pembelajaran pada anak usia dini. Jakarta: Luxima Metro Media.

Kurnia, R. (2019). Bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan dasar anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media.

Narasti, Mulianti, dkk. (2021). Membuat media pembelajaran berupa video animasi untuk guru TK. Yogyakarta: Mercubuana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Prakoso, N. A. (2020). Media pembelajaran video animasi untuk pembelajaran jarak jauh. Research Gate.

Priyono, A., & Junanto, S. (2022). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form sebagai media pembelajaran interaktif pendidikan agama Islam. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 240-265.

Purnama, S., Hayati, M., & Hibana. (2023). Modul muatan pembelajaran di PAUD/RA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Rahma A., Razuba F., & Rahman M. H. (2020). Penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak PAUDI. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 22-34.

Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Rusniah. (2016). Meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayani Neuhen tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusri, N. (2021). Strategi pembelajaran anak usia dini abad 21. Jurnal Adzkiya, 5(1), 54-72.

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangannya di sekolah. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 23(3), 459-479.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Nuril Fadilah, A., & Tanfidiyah, N. (2025). PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA AL-HILAL 3 PUCANGAN KARTASURA . Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 12–18. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.5627

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.