Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Faktor Kemampuan Matematis
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7916Keywords:
hasil belajar, kemampuan matematis, model pembelajaran inkuiriAbstract
Interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan kemampuan matematis siswa diduga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Model inkuiri yang bersifat terbuka dan menuntut kemandirian dapat memberikan tantangan sekaligus peluang bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) adakah pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Pearson dan regresi linier berganda di mana analisis korelasi Pearson digunakan untuk hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi linier berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pada hipotesis pertama , berdasarkan hasil analisis uji beda (uji t) (r) didapat uji beda (uji t) antara penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar matematika (r) adalah 0,721 yang artinya ada pengaruh antara penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar matematika. Hipotesis kedua, uji beda (uji t) antara kemampuan matematis dengan hasil belajar matematika (r) adalah 0,687. hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika. Hipotesis ketiga, terdapat pengaruh antara model pembelajaran inkuiri dan kemampuan matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji f diperoleh p value 0,001 < 0,05, sementara f hitung sebesar 7,562 dan lebih besar dari f table yaitu 3.39. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,372 hal ini memiliki makna bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel model pembelajaran inkuiri dan kemampuan matematis terhadap Hasil Belajar Matematika siswa sebesar 37,2%; sedangkan sebesar 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Pada hasil uji hipotesis ketiga ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi atau pengaruh secara bersamaan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan pengambilan keputusan maka terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sukokerto 01.
References
Asro, M., Utaminingsih, S., & Suryani, F. (2022). The effect of the inquiry learning model on mathematics learning outcomes 5th grade elementary school. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 303–311.
Asrori, A., 'Athiyah, F., & Fathurrohman, M. (2022). Analisis kemampuan matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA konten perubahan dan hubungan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1705–1717.
Astuti, P., Parno, P., & Hidayat, A. (2022). Analisis implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 163–173.
Astutik, E. P., & dkk. (2021). Analisis kemampuan kognitif matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten perubahan dan hubungan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 411–423. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Fajri, M. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 473–481. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1447
Fauzi, A., Dirgantoro, K., & Sari, I. Y. P. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 511–520. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1270
Hasibuan, N. H. S., & Sinaga, B. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1775–1786. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1571
Ismail, S., Usman, K., & Raksa, R. A. M. (2024). Pengembangan instrumen kemampuan penalaran matematis pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa semester ganjil. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2485–2491. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3447
Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2021). Sebuah tinjauan meta-analisis dampak model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 86–97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.411
Lestari, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 463–472. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.723
Lestari, A., Sary, R. M., & Huda, M. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 856–865.
Lubis, A. R., & Halim, A. (2022). Analisis kendala guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 11–20.
Maulana, R. F., & Amelia, R. (2022). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 281–292. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Novitasari, M., Sutama, S., & Narimo, S. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI F SMAN 1 Nglames. Journal on Education, 5(1), 22–32.
Prasetiyo, M., & Rosy, B. (2020). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Catatan: Prasetyo, M. A., & Rosy, B. (2020) adalah duplikat dari entri di atas dan telah dihapus.
Purwanti, D., & Mulyani, E. A. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129
Rahmawati, D., & Hayat, M. S. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan rasa ingin tahu siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6033–6041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749
Rohmah, T., Ermawati, D., & Santoso, D. (2024). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SD melalui metode jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1101–1111. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3425
Sari, D. P., Abdullah, A., & Hadijah, S. (2023). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(5), 1039–1048.
Sari, D. P., & Darhim, D. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 856–867.
Sari, D. P., Kelana, J. B., & Wafiq, M. (2021). Penerapan model inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 241–246.
Sari, D. P., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.14007
Sari, D. P., Tapsir, A., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6294–6302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3201
Simamora, E. B., & Napitupulu, M. (2023). Model pembelajaran inkuiri terbimbing: Upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 26–36.
Simamora, M. H., & Ginting, S. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(2), 68–78.
Simarmata, E. J., Panjaitan, A., & Sitompul, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 341–353. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1200
Siregar, N. C., Sahirah, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 115–121.
Siregar, N. S. S., & Siagian, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 849–860. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1395
Siregar, N. S. S., Sahputra, E., & Tapan, E. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2261–2267.
Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Mahayasa, I. N. (2020). The effect of the implementation of the catur pramana-based learning model on the mathematics learning outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 173–182.
Sudrajat, S. (2024). Analisis kualitas instrumen tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa SMP. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6246
Supaman, M. (2021). Desain asesmen pembelajaran matematika untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Jurnal Elemen, 7(1), 195–210.
Umam, K., Haka, N. B., & Eliyani, I. (2021). Media pembelajaran interaktif berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 77–87.
Wahyuni, N., Mulyono, D., & Mawardi, D. N. (2024). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model problem based learning berbantuan media pembelajaran scratch. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 153–166. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.153-166
Wati, M. (2021). Efektivitas model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1774–1781.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 A'in Antikasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)