Pengaruh Media Konkret Papan Nilai Tempat terhadap Kemampuan Mengenal Puluhan Satuan pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8445Keywords:
siswa disabilitas intelektual ringan, mengenal nilai tempat puluhan dan satuan, media papan nilai tempatAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan seorang siswa disabilitas intelektual ringan yang teridentifikasi pada kelas VI di SLB YPPLB Padang, bahwa siswa belum mampu mengenal nilai tempat puluhan dan satuan. Hasil asesmen menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengenal nilai tempat puluhan dan satuan masih rendah sehingga memerlukan banyak bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah media Papan Nilai Tempat dapat meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat puluhan dan satuan pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang”?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini seorang siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2025. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil analisis data yang diperoleh pada kondisi Baseline (A) dengan 3 kali pertemuan yaitu menunjukkan pola yang stabil sebelum diberikan intervensi. Setelah intervensi dengan 8 kali pertemuan (B) diterapkan, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil pengukuran dari setiap sesi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan mengenal nilai tempat puluhan dan satuan siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang meningkat dengan menggunakan media Papan Nilai Tempat.
References
Aliyah, U., Misbah, M., & Lestari, A. N. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunagrahita. 3(1), 52–65.
Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.561
Anggriyani, M., Syaharuddin, S., Mandailina, V., Abdillah, A., & Mahsup, M. (2024). Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika: Tren dan tantangan. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 348-372. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SEMANTIK/article/view/2817
Aziz, I. Al, Nawansih, S. T., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Token Economy terhadap Kedisiplinan Waktu pada Mahasiswa : Studi SSR. 1, 1–8.
Chalimah, N., Soeyono, R. D., Sulandjari, S., & Romadhoni, I. F. (2020). Kajian Tentang Pemanfaatan Model Pembelajaran Intelektual Ringan. Jurnal Tata Boga, 9(2), 807–813.
Hijraningsih, S., Affandi, L. H., Hidayati, V. R., & Nurmawanti, I. (2024). Jurnal Pendidikan MIPA. 14, 1067–1077.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0) (Issue August). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49351
Kurnia, D. Y., Irfan, M., & Rahayu, A. D. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) Kelas IV A SD Model Sleman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 229–235.
Limas, N. N., Anggraeni, A., Aliansi, A. P., & Wijaya, S. (2024). Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 159-165. (2024). Sulawesi Tenggara Educational Journal. 3.
Mabel, I., & Aryani, Z. (2025). Perancangan Media Pembelajaran Permainan Edukatif “Minimarket Nilai Tempat” Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD. JIWA: Jurnal Inovasi Wawasan Akademik, 1(1), 80-87.
Marlina, M. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Multahada, N. (2025). Penggunaan Media Papan Nilai Tempat dalam Pendekatan PMRI untuk Mendukung Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.835
Pioke, I., Rivai, S., Pakaya, W. C., & Abdullatif, N. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 08 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 803. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.803-808.2022
Rusli, R., Erika, R., & Safitri, J. (2025). Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan, 157–169. https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5172
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1747
Sudjadi. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Susanti, Y. (2020). Menggunakan Media Berhitung di Sekolah. 2, 435–448.
Ullifah, D. (2021). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kongkrit Untuk Siswa Kelas 1 SD Dalam Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan. JURNAL KOULUTUS, 4(1), 42-51. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.535
Veronica, A., Abas, M., & Hidayah, N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nofitri Ardiani Nopit, Mega Iswari, Damri Damri, Arisul Mahdi, Endang Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the