Pengaruh Media Konkret Papan Nilai Tempat terhadap Kemampuan Mengenal Puluhan Satuan pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan

Authors

  • Nofitri Ardiani Nopit Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Arisul Mahdi Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Endang Sri Handayani Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8445

Keywords:

siswa disabilitas intelektual ringan, mengenal nilai tempat puluhan dan satuan, media papan nilai tempat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan seorang siswa disabilitas intelektual ringan yang teridentifikasi pada kelas VI di SLB YPPLB Padang, bahwa siswa belum mampu mengenal nilai tempat puluhan dan satuan. Hasil asesmen menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengenal nilai tempat puluhan dan satuan masih rendah sehingga memerlukan banyak bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah media Papan Nilai Tempat dapat meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat puluhan dan satuan pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang”?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini seorang siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2025. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil analisis data yang diperoleh pada kondisi Baseline (A) dengan 3 kali pertemuan yaitu menunjukkan pola yang stabil sebelum diberikan intervensi. Setelah intervensi dengan 8 kali pertemuan (B) diterapkan, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil pengukuran dari setiap sesi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan mengenal nilai tempat puluhan dan satuan siswa disabilitas intelektual ringan kelas VI di SLB YPPLB Padang meningkat dengan menggunakan media Papan Nilai Tempat.

References

Aliyah, U., Misbah, M., & Lestari, A. N. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunagrahita. 3(1), 52–65.

Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.561

Anggriyani, M., Syaharuddin, S., Mandailina, V., Abdillah, A., & Mahsup, M. (2024). Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika: Tren dan tantangan. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 348-372. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SEMANTIK/article/view/2817

Aziz, I. Al, Nawansih, S. T., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Token Economy terhadap Kedisiplinan Waktu pada Mahasiswa : Studi SSR. 1, 1–8.

Chalimah, N., Soeyono, R. D., Sulandjari, S., & Romadhoni, I. F. (2020). Kajian Tentang Pemanfaatan Model Pembelajaran Intelektual Ringan. Jurnal Tata Boga, 9(2), 807–813.

Hijraningsih, S., Affandi, L. H., Hidayati, V. R., & Nurmawanti, I. (2024). Jurnal Pendidikan MIPA. 14, 1067–1077.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0) (Issue August). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49351

Kurnia, D. Y., Irfan, M., & Rahayu, A. D. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) Kelas IV A SD Model Sleman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 229–235.

Limas, N. N., Anggraeni, A., Aliansi, A. P., & Wijaya, S. (2024). Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 159-165. (2024). Sulawesi Tenggara Educational Journal. 3.

Mabel, I., & Aryani, Z. (2025). Perancangan Media Pembelajaran Permainan Edukatif “Minimarket Nilai Tempat” Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD. JIWA: Jurnal Inovasi Wawasan Akademik, 1(1), 80-87.

Marlina, M. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Multahada, N. (2025). Penggunaan Media Papan Nilai Tempat dalam Pendekatan PMRI untuk Mendukung Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.835

Pioke, I., Rivai, S., Pakaya, W. C., & Abdullatif, N. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 08 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 803. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.803-808.2022

Rusli, R., Erika, R., & Safitri, J. (2025). Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan, 157–169. https://doi.org/10.33476/knpk.v5i1.5172

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1747

Sudjadi. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Susanti, Y. (2020). Menggunakan Media Berhitung di Sekolah. 2, 435–448.

Ullifah, D. (2021). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kongkrit Untuk Siswa Kelas 1 SD Dalam Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan. JURNAL KOULUTUS, 4(1), 42-51. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.535

Veronica, A., Abas, M., & Hidayah, N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif.

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Nopit, N. A., Iswari, M., Damri, D., Mahdi, A., & Handayani, E. S. (2025). Pengaruh Media Konkret Papan Nilai Tempat terhadap Kemampuan Mengenal Puluhan Satuan pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1043–1054. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8445

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)